Sukses

Lifestyle

Foodpanda, Rekomendasikan Icip-Icip Sedap Hidangan Khas Natal Dari Dunia

Hari Natal sudah dekat. Semangat untuk menyambut Hari Natal pun sudah bisa dilakukan seperti misalnya memasang pohon Natal, mendekorasi rumah atau berbelanja untuk memasak menu lezat di malam Natal. Sebagai acuan untuk memasak pada hari Natal, foodpanda.co.id sebagai pasar pengiriman makanan global secara online terkemuka di Indonesia, merekomendasikan jenis-jenis makanan khusus yang disajikan pada hari Natal. Makanan ini berasal dari beberapa daerah di Indonesia dan beberapa negara di dunia yang mempunyai karakteristik unik seperti berikut ini:

1. Indonesia
A. Manado (Sulawesi Utara): Ayam Rica – Rica
Ayam rica-rica adalah salah satu makanan khas dari Manado, Sulawesi Utara. Kata 'rica' dalam bahasa Manado berarti pedas atau cabai. Resep untuk membuat Ayam rica-rica sangat beragam, begitu pula cara memasaknya, kesamaan hanya terletak pada rasa pedas. Ayam rica-rica biasanya disajikan dengan nasi dan bahan pelengkap seperti bawang goreng dan mentimun.

B. Batak (Sumatera Utara): Kue Lampet/ Lapet
Lampet atau sering ditulis Lapet adalah jajanan tradisional Batak dari Tapanuli, Sumatera Utara. Kue ini biasanya berbentuk seperti piramida dan dibungkus dengan daun pisang. Proses pembuatannya tidak begitu rumit, mulai dari mencampur tepung beras dan kelapa parut lalu ditambah oleh gula parut dan air. Setelah adonan penuh, dibungkus dengan daun pisang dan kukus sampai matang.

C. Kupang NTT: Kue Bagia/ Bagea
Bagea biasanya berbentuk bulat dengan warna coklat pucat. Bagea terbuat dari sagu. Bahan untuk membuat bagea adalah gula halus, biji kenari cincang, tepung sagu, minyak sayur, tepung terigu yang diayak, ditambah kacang cincang halus, bubuk kayu manis, dan bubuk cengkeh. Cemilan ini sangat pas dipadukan dengan teh/kopi saat kumpul dengan keluarga di hari Natal nanti.

D. Ambon: Ikan Kuah Kuning
Ikan Kuah Kuning terdiri dari ikan tuna atau ikan mubara yang dibumbui dengan kunyit dan kapur. Ikan saus kuning menjadi makanan wajib saat perayaan Natal. Makanan ini biasanya dipadukan dengan Papeda, hidangan utama di Ambon selain nasi.

2. Slovakia: Kapustnica
Kapustnica adalah sup kubis kental dengan sosis, daging, jamur kering dan krim. Setiap keluarga di Slovakia memiliki resep Kapustnica khas masing-masing. Namun resep dasarnya adalah bahan-bahan yang mungkin tampak tidak biasa untuk sup pada umumnya seperti buah plum kering dan apel. Pada hari Natal, sup ini biasanya dihidangkan dengan ikan goreng dengan salad kentang, dan  disajikan bersama kue-kue Natal.

3. Jamaica: Sorrel Drink
Minuman Sorrel terbuat dari bunga semak–semak yang tumbuh dari 200 tumbuhan kembang sepatu  atau biasa disebut Roselle yang tingginya 4 hingga 6 kaki dan sebagian besar tumbuh di negara-negara tropis. Tanaman bunga berwarna merah yang menarik dan sangat mencolok ini tentu dapat memberikan kesan tersendiri pada hari Natal. Di Karibia, biasanya mereka menambahkan lebih banyak rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis dan kulit lemon, namun tetap menambahkan alkohol. Rasanya manis seperti jus cranberry namun lebih lembut.

4. Philippines: Bibingka
Bibingka adalah Makanan tradisional saat Natal di Filipina. Pembuatannya menggunakan cara tradisional dari galapong atau beras ketan giling, santan, margarin, dan gula. Saat pagi hari pada waktu Natal, banyak toko-toko di sepanjang jalan yang menjual kue beras lezat ini.

5. Amerika Serikat : ginger bread/ginger cookies
Roti jahe yang pedas ini menjadi hidangan Natal yang paling utama di Amerika. Roti  Jahe adalah hidangan manis dengan rasa jahe dan menggunakan madu atau sirup gula (karamel). Kue jahe bisa dibuat bermacam-macam bentuknya, mulai roti biasa hingga kue kering/biskuit dengan cetakan beragam yang berbentuk lucu dan unik.

6. New Zealand: Pavlova
Pavlova berbahan dasar dari meringue dengan whipped cream dan buah-buahan segar seperti kiwi, anggur dan strawberry.  Makanan penutup ini merupakan hidangan populer dan menjadi bagian penting dari masakan nasional Australia dan Selandia Baru yang sering disajikan saat makan perayaan Natal dan liburan.

Semoga hidangan-hidangan di atas menjadi inspirasi dan rekomendasi untuk membuat makanan lezat di hari Natal nanti karena kami yakin tidak ada yang lebih meriah daripada makan makanan yang lezat dengan orang yang dicintai pada Hari Natal, Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading