Sukses

Lifestyle

Pedas Dan Segarnya Sambal Mentah Ini Menggugah Selera

Beberapa dari Anda mungkin tidak bisa makan tanpa adanya rasa pedas sambal. Yup, sambal yang kadang menjadi menu wajib saat makan. Apalagi, sambal terasi yang sudah menjadi favorit keluarga.

Sambal adalah salah satu masakan khas dari Indonesia yang dapat dengan mudah Anda jumpai di seluruh pelosok Nusantara yaitu mulai dari Sabang hingga Merauke. Sudah dapat dipastikan bahwa penduduk setempat tidak bisa lepas dari sambal dalam penyajian menu masakan mereka sehari-hari. Sambal di Indonesia mempunyai bahan dasar dari cabe, baik itu dari jenis cabe merah besar, cabe hijau, cabe rawit, dan bahan lain sejenis cabe yang memberikan rasa pedas. Sambal juga digunakan sebagai salah satu bahan penambah selera makan, yang proses pembuatannya sangat sederhana dan bisa dibuat sesuai dengan lidah selera masing-masing orang seperti berasa sangat pedas, pedas atau tidak pedas.

Sambal hampir sama dengan saus tradisional dan sering disajikan dengan jenis hidangan lainnya dalam berbagai cara tergantung
dari kegemaran dan kebiasaan si penikmat atau masyarakat setempat. Seperti yang cukup populer dan hanya terdapat di pulau Dewata yaitu pedas, segar, sambal mentah ini menggugah selera.

Sambal sebagai menu tradisional
Melihat dari asal - usul sambal yang ada di Indonesia, sejak zaman dahulu kala penduduk asli Indonesia sudah mengenal yang namanya sambal. Sambal di Indonesia adalah terkenal paling pedas, sehingga pada zaman penjajahan Belanda dahulu, setiap warga negara asing yang ingin menikmati rasa sambal asli Indonesia haruslah diingatkan, supaya berhati - hati dalam memakannya karena efek campuran bumbu di dalam sambal dapat membuat mata berair dan sakit perut.

Meskipun sambal termasuk ke dalam kategori masakan berbahaya apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, tetap saja hidangan ini diburu oleh banyak penggemar, karena sambal mempunyai rasa yang sangat unik dan khas sehingga terkenal sampai keluar negeri.

Beberapa jenis sambal yang merupakan menu pendamping makanan utama dan wajib ada ini, sangat memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan selera makan seseorang. Hal ini dikarenakan bahan utama sambal yaitu cabe mengandung zat capsaicin yang menimbulkan rasa pedas di lidah namun membuat anda selalu ketagihan buat mencicipinya. Zat capsaicin mempunyai beragam fungsi yang lain seperti sebagai media menyembuhkan luka dan menahan tubuh dari terjangkitnya penyakit flu. Juga, cabe kaya akan vitamin A dan C.

Ragam jenis sambal di Bali
Di pulau Bali sendiri sejak jaman dahulu adalah terkenal sebagai pulau Dewata yang memiliki beragam hidangan terbuat dari sambal. Beberapa resep masakan sambal yang cukup populer adalah sambal mentah (sambal bawang, sambal sere, sambal bunga kecombrang, sambal kacang mentah), sambal belimbing wuluh, sambal terasi, sambal tomat, sambal kecap petis, sambal pecel, dan lain sebagainya.

Di setiap daerah memiliki jenis sambal yang berbeda - beda dan keunikan serta kekhasan rasa sendiri-sendiri, di mana hampir semua jenis sambal tersebut relatif mudah untuk dibuat dan dijumpai. Hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu daya tarik wisata kuliner dan semakin mengukuhkan bahwa bangsa Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai kekayaan kuliner sangat beragam, memuaskan dan patut untuk dicoba.

Ladies, Anda juga bisa mencoba menyajikan sambal mentah ini sendiri lho. Caranya juga sangat mudah. Di bawah ini diberikan salah satu resep masakan sambal mentah bunga kecombrang, dapat Anda catat untuk dipraktekkan di rumah.

Bahan:

  • Bunga segar kecombrang (100 gram)
  • Bawang merah yang sudah dibersihkan dari kulit luar (150 gram)
  • Cabai rawit (60 gram)
  • Jeruk limau (1 buah)
  • Terasi (3 gram) dibakar,
  • Minyak kelapa (10 ml)
  • Garam
  • Penyedap rasa dan gula pasir secukupnya.

Cara membuat:

  1. Bunga kecombrang, bawang merah dan cabe dicuci bersih lalu iris tipis – tipis.
  2. Campur garam, penyedap rasa, gula pasir dan terasi bakar, kedua bahan ini dicampur lagi sambil diremas -remas
  3. Lalu tambahkan perasan jeruk limau dan minyak kelapa.
  4. Aduk hingga tercampur rata dan sajikan dalam piring.
  5. Sambal mentah bunga kecombrang khas Bali sudah dapat anda nikmati bersama dengan makanan utama lainnya.

Sangat mudah dan praktis bukan? Selamat mencoba!

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading