Sukses

Lifestyle

7 Masakan Asli Jawa Yang Susah Ditolak Kelezatannya

Menu-menu masakan Indonesia kaya akan kelezatan karena keanekaragaman bumbu di dalamnya. Tak jarang bahkan menu-menu masakan Indonesia ini membuat para turis mancanegara rindu berkunjung lagi ke Indonesia.

Bicara soal menu masakan Indonesia, menu masakan Jawa juga salah satu menu yang dikenal dunia dan kaya akan bahan bumbu di dalamnya. Inilah 7 masakan asli Jawa yang menjadi salah satu favorit.

Tengkleng
Foto: Copyright Wikimedia 

Tengkleng adalah jenis menu sup dengan bahan utama daging, jerohan atau tulang kambing. Menu satu ini khas berasal dari Solo, Jawa Tengah.

Secara fisik, tengkleng hampir mirip dengan gulai kambing, perbedaannya, kuahnya lebih encer dan bening.

Soto Jepara
Foto: Copyright Wikimedia 

Menu masakan asal Jepara ini sekilas seperti soto ayam biasa. Bedanya, soto Jepara punya citarasa gurih yang tak bisa ditemui di menu soto lainnya.

Rahasianya ada pada kuah sotonya. Di dalam soto Jepara ada potongan kucai yang kabarnya memberikan aroma dan rasa yang berbeda pada masakan soto.

Gudangan
Foto: Copyright Wikimedia 

Disebut gudangan atau di Jawa Timur disebut urap-urap. Menu satu ini terdiri dari aneka sayuran rebus yang disajikan dengan sambal kelapa parut. Menu ini biasa hadir dalam momen syukuran atau selamatan.

Mie Ongklok
Foto: Copyright Wikimedia 

Mie Ongklok adalah jenis mie rebus khas kota Wonosobo. Mie ini dibuat dengan racikan khusus menggunakan potongan kol, daun kucai, dan kuahnya sangat kental karena ada maizena/kanji di dalamnya.

Umumnya, mie Ongklok disajikan dengan sate sapi, tempe kemul atau keripik tahu.

Disebut mie Ongklok karena ia dimasak dengan sebuah keranjang kecil bertangkai yang terbuat dari anyaman bambu. Alat inilah yang digunakan untuk memasak mie. Oleh karena itu, mie ini disebut Mie Ongklok.

Nasi Kucing
Foto: Copyright Wikimedia 

Nasi Kucing atau sego kucing bukan berarti nasi putih dengan lauk kucing. Disebut nasi kucing karena porsi yang disajikan sangat sedikit.

Nasi kucing sebenarnya sekarang sudah tersebar di mana-mana, namun awalnya dipopulerkan di Jawa Tengah. Nasi ini mirip nasi rames namun menu lauknya beragam, mulai dari kering tempe, sambal goreng, bandeng, sate usus, kepala ayam, cakar ayam, sate telur puyuh dan aneka gorengan.

Mendoan
Foto: Copyright Wikimedia 

Kata Mendoan berasal dari bahasa Banyumasan, mendo yang artinya setengah matang atau lembek. Mendoan biasanya terbuat dari tempe atau tahu yang digoreng dengan berselimutkan tepung yang sudah dibumbui.

Opor Ayam
Foto: Copyright Wikimedia 

Opor Ayam adalah masakan yang khas dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pun demikian, menu masakan ini jadi lebih populer dan disajikan khususnya saat Lebaran.

Menu ini adalah ayam yang direbus dan dibumbui dengan serai, kunyit, dan lain sebagainya serta ditambah santan agar lebih gurih.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading