Sukses

Lifestyle

Awas Ngiler! Ini 9 Donat Unik dan Enak Dari Seluruh Dunia

Siapa tidak kenal donat? Sejak kita kecil sampai sekarang, donat adalah kue yang merakyat, khususnya di Indonesia. Semua orang bisa makan donat, mulai dari yang dijajakan di pasar tradisional, hingga donat mahal yang ada di mall-mall besar.

Semua itu adalah bukti bahwa donat adalah kue yang disukai semua orang, di seluruh dunia. Yuk keliling dunia untuk melihat berbagai modifikasi donat. Ada banyak negara dengan ciri khas donat yang berbeda-beda.

Ada yang dari Indonesia juga lho.. mari Vemale ajak Anda berkeliling mengintip donat dari berbagai negara.

(vem/yel)

Donat Dari Jepang - Doubutsu Doonatsu

Lucu banget kan donat-donat ini? Cocok ada di Jepang, karena negara tersebut terkenal dengan banyaknya hal-hal cute dan menggemaskan. Donat ini bernama Doubutsu Doonatsu. Bentuknya mirip donat biasa, namun dihias dengan topping manis. Hasilnya.. donat warna-warni bentuk hewan.

Sayang banget rasanya kalau mau menggigit donat ini.

Donat Italia - Bombolone

Kue yang satu ini mirip donat dengan isi. Memang sekilas tidak ada bedanya dengan donat isi, karena tekstur dan rasanya hampir sama. Nama kue adalah Bombolone. Isi Bombolone adalah krim kental manis. Bagian atas kue selalu diberi taburan gula bubuk. Penyuka manis akan menyukai Bombolone.

Donat Finlandia - Munkki

Berbeda dengan donat yang teksturnya basah dan empuk. Donat dari Finlandia ini bertekstur sedikit keras, namanya Munkki. Bentuk Munkki mirip donat klasik Amerika, hanya saja lebih tebal. Kue ini paling enak disajikan dengan taburan gula halus dan jadi teman minum teh.

Donat Maroko - Sfenj

Nama kue ini adalah Sfenj. Bentuknya memang mirip donat, dengan bulatan bolong dibagian tengah. Yang berbeda adalah cara penyajiannya. Bila donat biasanya diberi lapisan, Sfenj disajikan polos atau hanya diberi taburan gula halus tipis. Hal tersebut karena bagian luar Sfenj lebih garing ketimbang donat.

Donat Israel - Sufganiyot

Yang satu ini juga mirip dengan donat isi, hanya saja lapisan rotinya lebih tebal dan padat. Nama kue ini adalah Sufganiyot. Biasanya, Sufganiyot disajikan sebagai makanan penutup. Isi dari Sufganiyot biasanya selai atau jelly rasa buah. Kadang, bagian atasnya ditaburi gula halus tipis.

Donat India - Balushahi

Lihat bagaimana garingnya bagian luar kue yang mirip donat ini. Namanya adalah Balushahi dan banyak ditemukan di India dan Pakistan. Berbeda dengan donat yang cenderung manis, Balushahi memiliki rasa gurih. Balushahi terbuat dari yogurt dan digoreng dengan bahan sejenis mentega. Tidak heran jika bagian luarnya tampak garing dan renyah.

Donat Belanda - Oliebollen

Yang ini mirip donat isi yang garing banget bagian luarnya. Nama makanan ini adalah Oliebollen, kalau diterjemahkan dari bahasa Belanda, kira-kira artinya bola-bola minyak. Bentuknya memang bulat seperti bola. Berbeda dengan donat isi yang biasanya diisi selai atau krim, Oliebollen diisi dengan kismis, dengan taburan gula halus.

Donat Nepal - Sel Roti

Bentuk kue ini mirip perpaduan bentuk donat dan onion ring. Nama makanan khas Nepal ini adalah Sel Roti. Kue ini dapat dijumpai pada perayaan keagamaan Dashain dan Tihaar. Rasa Sel Roti cenderung renyah karena terbuat dari tepung beras. Ukuran lubang dari Sel Roti lebih besar dari donat, maka wajar jika rasanya lebih renyah ketimbang donat biasa.

Donat Indonesia - Donat Kentang atau Donat Ubi

Di Indonesia, donat adalah makanan rakyat jelata hingga orang kaya. Semua orang suka donat. Dari semua jenis donat, yang paling dikenal adalah donat kentang. Penambahan kentang dalam donat akan memberi rasa gurih, tekstur lebih empuk dan bagian luar garing.

Selain kentang, ada juga donat dari ubi. Rasanya hampir mirip donat, hanya saja lebih manis alami. Semua donat itu bisa Anda dapatkan di berbagai pasar tradisional hingga toko kue besar.

Nyam-nyam.. siapa Sahabat Vemale yang suka donat?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading