Sukses

Lifestyle

6 Jenis Sushi Yang Bikin Ketagihan

Awalnya sih seperti terasa aneh karena bukan menu makanan yang biasa dikonsumsi di Indonesia. Tetapi, perlahan sushi seperti menemukan takdirnya, bertemu dengan lidah-lidah yang haus dimanjakan. Dan, demikianlah kemudian menu yang dulunya hanya ada di resto mewah atau hotel, mulai dikenal khalayak yang lebih luas.

Hadir dengan berbagai versi sushi, mulai dari yang mahal dan mewah, hingga yang paling disukai adalah yang terjangkau kantung mahasiswa. Sushi menjadi salah satu menu favorit sebagian orang khususnya pecinta menu Jepang.

Nah, tetapi jangan sampai tertipu sushi gadungan yang hanya dibungkus dengan nasi kepal saja ya. Lewat informasi ini, Anda juga perlu tahu bahwa ada menu sushi  lain yang bikin ketagihan.

Unagi

Terbuat dari belut segar, yang kemudian diolah lagi menghasilkan sushi yummy, mulur di lidah, namun tetap lembut dan gurih. Sushi ini disajikan dengan saus teriyaki. Dengan elemen utama manis, dan gurih yang tercampur menjadi satu.

Unagi biasanya disajikan sebagai sushi roll yang dibungkus dan bentuknya mirip dengan ulat. Soal rasa, tak ada yang tidak ketagihan setelah mengonsumsi sushi ini.

Tako

Masih agak mulur saat digigit, sushi yang satu ini ternyata terbuat dari tentakel gurita. Dibersihkan dengan detail dan digulung serta direkatkan menggunakan nori (rumput laut).

Biasanya, tako ini disajikan bersama wasabi, sejenis sambal ala Jepang. Dan jangan khawatir, sebenarnya sushi jenis yang satu ini terlebih dahulu direbus sebelum disajikan. Hanya saja, bebeapa teknik khusus membuat warnanya masih merah keunguan, sehingga tampak seperti gurita segar.

Basashi

Kalau Anda pernah makan sate kuda, nah Anda pasti familiar dengan rasa ini. Basashi adalah jenis sushi yang terbuat dari daging kuda dan sangat beken di Amerika, Jepang, China, Korea serta Eropa.

Dagingnya yang spesial dipotong tipis dan disajikan ala sashimi. Mirip seperti daging sapi, basashi ini sebenarnya lebih lembut dan tidak banyak lemak.

Biasanya, basashi dinikmati dengan potongan jahe segar serta bawang merah yang diiris tipis.

Amaebi

Nah, kalau sushi yang satu ini pasti disukai banyak lidah. Terbuat dari udang yang masih utuh dan disajikan dengan dibungkus nori dan nasi.

Karena berbahaya apabila disajikan mentah, maka Amaebi ini biasa disajikan dalam kondisi matang. Karena dagingnya manis, ia biasa disajikan dengan Tobiko atau Ikura (telur ikan salmon) yang akan menyeimbangkan rasanya.

Shime Saba

Kalau sushi yang satu ini adalah sashimi yang terbuat dari ikan mackerel. Biasanya ikan ini hanya dikenal sebagai ikan kalengan. Tetapi, di Jepang mackerel dikemas dalam bentuk sashimi yang tak kalah lezatnya dengan salmon.

Warnanya cenderung kecokelatan, berkilau dan sedikit berminyak.

Fugu Sashi

Sashimi yang satu ini bentuknya sangat manis saat disajikan di atas piring. Seperti lempengan kaca yang bisa dimakan. Fugu sendiri sebenarnya adalah ikan kembung, ikan yang berbahaya apabila terkena sengatannya.

Memiliki racun yang bisa membuat seseorang merasa sesak nafas, ikan ini aman dan enak untuk dimakan, apabila koki yang memasaknya cerdas dan tahu cara yang tepat menyajikannya.

Untuk itu, sushi yang satu ini tak bisa disajikan oleh sembarang koki, karena umumnya hanya koki yang bersertifikat yang boleh menyajikannya.

Karena tergolong makanan yang sulit disajikan, fugu sashi ini harganya mahal. Tetapi, dengan rasanya yang istimewa, semua terbayar.

Sekarang jadi lebih tahu aneka jenis sushi selain salmon roll kan? Selamat berburu sushi. [initial]

BACA JUGA:

6 Hewan Yang Biasa Dimakan Mentah

10 Hal Aneh Yang Bisa Anda Temukan di China

Psst.. Ramen Jepang Ini Menyimpan Rahasia Misterius

Kue Pengantin Termahal di Dunia Rp 485 Miliar

6 Makanan Lapis Cokelat Paling Aneh di Dunia

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading