Sukses

Lifestyle

Uniknya Rasa Kuliner Khas Lasem

Lasem, kota tua cantik di kabupaten Rembang, Jawa Tengah yang konon menjadi saksi sejarah datangnya kaum Tiong Hoa ke tanah Jawa. Bukan hanya kaya akan sejarah dan akulturasi budaya yang langka, Lasem juga kaya akan kuliner nya yang unik dan cita rasa yang secara harfiah, tidak ada duanya.

So Ladies, mari mengenal beberapa kuliner khas Lasem!

1. Urap Latoh

Makanan khas Jawa ini mungkin terlihat tidak ada bedanya dengan urap lainnya. Namun yang membedakan adalah sayuran yang digunakan yaitu adalah latoh. Latoh adalah tanaman sejenis rumput laut, berbentuk cabang dan ranting yang ditempeli bola-bola kecil berwarna hijau transparan. Memberikan rasa 'kreus' ketika digigit.

Begitu populernya latoh di Lasem, sampai-sampai dijadikan salah satu jenis batik di Lasem, yang dinamakan dengan Latohan.

2. Sate Srepeh

Yang khas dari sate ini adalah bumbu yang disiram bukanlah bumbu kacang pada umumnya tapi bumbu yang terbuat dari gula merah dan santan. Bumbu berwarna merah kecoklatan dengan rasa asin, manis, gurih yang unik, berpadu dengan potongan ayam yang dipenyet.

3. Lontong Tuyuhan

Sajian ini adalah sejenis opor ayam potong komplit dengan jeroan dan tempe yang dicampur dengan lontong dan disajikan dengan kuah santan. Kuah santan Lontong Tuyuhan ini agak pedas dengan percampuran rasa kemiri, jinten, dan bawang.

4. Dumbek

Melihat kue basah ini tentu mengingatkan kita pada kue jajanan pasar yang sering kita nikmati semasa kecil. Kue yang juga disebut dengan 'kue celorot' ini terbuat dari tepung beras, santan, gula jawa, dan bungkusnya yang berbentuk kerucut terbuat dari daun kelapa atau janur. Rasanya yang kenyal terasa manis dan gurih serta membawa unsur nostalgia.

5. Kue Satru

Kue yang sekilas terlihat mirip dengan kue sagu ini uniknya terbuat dari kacang hijau dan tentu saja, sagu. Kue Satru khas Rembang ini biasa dicetak dalam bentuk bunga.

6. Limun Kawista

Bukan hanya warga Barat yang punya 'lemonade' tapi warga Rembang pun juga punya. Buah kawis yang menjadi bahan dasar dari Limun Kawista ini memiliki rasa yang mirip dengan salah satu merek soda terkenal dunia, oleh karena itu dijadikanlah Limun Kawista sebagai minuman bersoda.

7. Sirup Frambos

Minuman ini merupakan sirup tradisional buatan rumah yang terbuat dari gula pasir dan frambos. Warna minuman ini merah jambu dengan rasa yang segar dan tidak terlalu pekat.

8. Es Chao

Es Chao terbuat dari sejenis daun chao yang diberi santan dan juruh (sirup dari gula aren).Daun Chao yang berwarna hitam ini pun berkhasiat bagi kesehatan karena kadar serat yang cukup tinggi, sehingga bagus untuk pencernaan dan dapat menyembuhkan penyakit panas dalam.

Menarik ya Ladies? Keunikan baik dalam bahan ataupun rasa menjadi daya tarik tersendiri bagi kuliner khas Lasem ini. Bila Anda tertarik, ayo kunjungi Lasem di Kabupaten Rembang untuk merasakan langsung keunikannya!

 

(vem/cey)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading