Sukses

Lifestyle

Berniat untuk Investasi Rumah Pahami Kekurangan dan Kelebihannya

Ladies, di usia yang tidak lagi muda menyisihkan gaji untuk menabung saja tidak cukup. Kamu perlu berinvestasi untuk menjamin masa pensiun kamu. Meskipun ada dana pensiun yang bisa diandalkan, tapi tidak sepenuhnya dapat menjamin kehidupan kamu di masa depan.

Salah satu jenis investasi adalah dengan membeli rumah. Meskipun tidak terlalu liquid nyatanya investasi rumah banyak diminati. Nah, agar tidak menyesal berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan saat kamu memilih investasi rumah.

Kelebihan Investasi Rumah

Seperti yang dilansir dari rumah.com investasi rumah dengan menyewakannya memiliki kelebihan yang lumayan baik. Rumah sewa memiliki tingkat permintaan (demand) yang tinggi, terutama di kawasan-kawasan yang tengah berkembang (growth center), seperti kawasan yang berdekatan dengan akses tol, trade center, shopping mall, persimpangan jalan-jalan utama, terminal, dan lain-lain.

Agar hasilnya maksimal kamu dapat memanfaatkan agen properti untuk memaksimalkan investasi rumah ini.

Kelemahan Investasi Rumah

Meskipun kelebihan dari investasi rumah ini cukup baik, nyatanya menyewakan rumah juga memiliki kekurangan. Masih seperti yang dilansir dari rumah.com kekurangan investasi rumah sewa adalah jangka waktu penyewaan yang terbilang pendek, yakni hanya satu sampai dua tahun, tergantung kondisi dan lokasi rumah serta siapa penyewanya. Jika penyewanya adalah ekspatriat, biasanya rumah akan disewa dalam jangka waktu lebih panjang, antara dua hingga lima tahun.

Kamu sebagai pemilik rumah harus benar-benar memilih penyewa yang baik. Kerap terjadi rumah yang disewakan cepat rusak ketika disewakan kepada penyewa yang kurang bertanggung jawab. Umumnya hal tersebut karena penyewa merasa rumah tersebut bukan miliknya, sehingga mereka kurang menjaga kondisi dan kualitas bangunan rumah.

Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi rumah seharusnya kamu lebih bijak dalam memilih investasi yang tepat buat kamu. Memilih investasi memang tidak mudah, pastikan kamu memilih dengan tepat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading