Sukses

Lifestyle

Ikuti Aturan 50/30/20 Ini Jika Kamu Ingin Stabil Secara Finansial

Ketika kamu sudah berpenghasilan, punya skill mengatur keuangan itu jadi makin penting. Bukan hanya karena kamu lah yang punya hak menggunakan uang tersebut, tapi juga kamu lah yang bertanggung jawab penuh ke mana uang itu pergi.

Ahli keuangan Amerika, Stefanie O'Connell, mengatakan bahwa 91% wanita yang punya pasangan tidak sepenuhnya terlibat dalam keputusan masalah keuangan rumah tangganya. Dan dibanding pria, wanita lah yang punya kecenderungan dan kebiasaan konsumerisme.

Agar kamu bisa mengatur keuanganmu sendiri, para ahli keuangan menyarankan menggunakan Aturan budget 50/30/20 ini yang perlu kamu perhatikan ladies. Secara umum, pengertiannya adalah sebagai berikut: Anggarkan 50% pendapatan pada kebutuhan prioritas, 30% untuk kebutuhan pribadi, dan 20% uang untuk tabungan.

50% : Kebutuhan Primer

Buat skala prioritas apa yang menjadi kebutuhan utamamu tiap hari seperti makanan, sewa rumah/kamar, transportasi dan listrik. Akan lebih hemat jika kamu masih tinggal satu rumah dengan orangtua dan mereka yang menanggung semua. Tapi jika tidak, anggarkan dulu pendapatanmu untuk hal-hal ini sebelum menggunakan uang untuk keperluan lain.

30% : Kebutuhan Pribadi

Kebutuhan pribadi ini seperti kebutuhan pulsa, paket data, make up, sampo, sabun mandi, baju atau yang lainnya. Meski tampaknya menyenangkan, tapi jika kamu sayang dengan uangmu, mengbiskannya untuk kebutuhan pribadi jadi terasa sayang apalagi jika kamu tidak begitu membutuhkannya. Pikirkan dengan bijak ketika berhubungan dengan keperluan ini.

20% : Tabungan

Jika kamu sayang menghabiskan uang untuk hal yang tidak begitu penting, ke mana lagi larinya uang selain ke tabungan? Lebih baik ditabung, disimpan untuk keperluan yang mendesak atau darurat. Selalu cek berapa tabunganmu dan seberapa banyak yang bisa kamu tabung tiap bulannya.

Jangan sampai "terlalu bahagia" mendengar kabar gajian, dan kamu jadi kalap belanja ini itu tanpa memikirkan keperluan lain ya. Yuk smart savvy for your money, ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading