Sukses

Beauty

Hati-Hati Ladies, Berikut Tanda Gagal Ginjal

Sakit memang bisa datang kapan saja. Tanpa diduga, tiba-tiba sakit dan ada organ tubuh yang tidak berfungsi secara normal. Salah satu penyakit yang datangnya sering tidak disadari adalah gagal ginjal. Seperti yang umum diketahui, ginjal memiliki manfaat yang penting bagi tubuh. Ginjal berfungsi menyaring racun dalam tubuh, produksi sel dan membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh. Fungsi ginjal yang penting inilah yang menyebabkan organ tubuh ini sangat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Ladies, berikut adalah tanda jika ginjal kamu bermasalah. Yuk,simak penjelasan dari vemale berikut ini agar kamu dapat mencegah bahaya gagal ginjal. Here we go!

    Buang Air Kecil Tidak Lancar

    Salah satu tanda jika ginjal kamu sedang bermasalah adalah adanya perubahan fungsi kemih, yang menyebabkan buang air kecil tidak lancar. Kamu sering buang air kecil, dan air seni berwarna gelap. Jika sudah parah air seni akan bercampur dengan darah.

    Badan Bengkak

    Jika ada masalah dengan ginjal beberapa bagian tubuh akan menjadi bengkak. Antara lain perut dan kaki. Hal ini disebabkan karena ginjal tidak berfungsi dengan baik, yang mengakibatkan melemahnya sistem metabolisme dalam tubuh. Sehingga terjadi penumpukan cairan pada tubuh, sehingga tubuh menjadi bengkak.

    Mudah Lelah

    Meskipun sedang tidak beraktivitas yang padat tapi kamu mudah merasa lelah. Hal ini disebabkan karena produksi eritropoietin menurun. Hormon ini berfungsi untuk membantu produksi sel darah merah. Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah tanpa sebab yang jelas.

    Sering Mengalami Mual

    Mual yang disertai dengan demam bisa jadi kamu mengalami gagal ginjal. Mual dikarenakan pencernaan kamu tidak lancar, karena ada gangguan pada fungsi ginjal. Mual juga disebabkan karena ginjal tidak dapat menyaring racun yang masuk dalam tubuh. 

    Nyeri Punggung

    Jika kamu mengalami nyeri punggung bawah dan paha bisa jadi karena ginjal kamu ada masalah. Kram pada punggung dan menyebar dari punggung hingga pangkal paha, bisa jadi disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal.

Ladies, demikian tanda jika kamu mengalami gagal ginjal. Jika kamu mengalami 5 tanda di atas segera konsultasikan bersama dokter. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading