Sukses

Beauty

Biar Saat Haid Tetap Nyaman Tanpa Moody, Hindari Makanan Ini

Saat sedang haid, tubuh pasti rasanya tidak nyaman sekali. Badan terasa sangat lemas, tak bertenaga, bahkan bisa disertai pusing juga. Di saat seperti ini, kita memang perlu menjaga kondisi tubuh dengan lebih baik. Salah satunya memperhatikan pola makan.

Biar haid nggak makin menyiksa, ada sejumlah jenis makanan yang sebaiknya dibatasi atau tak dikonsumsi saat sedang haid. Dengan begitu, sebagian rasa sakit dan tidak nyaman bisa berkurang selama haid. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini.

1. Makanan Olahan
Makanan olahan biasanya mengandung banyak sekali sodium. Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak kandungan sodiumnya bisa membuat kondisi tubuh makin buruk. Jadi lebih amannya pilih jenis makanan seperti sayur dan buah segar serta sumber karbohidrat dari gandum utuh dan ikan.

2. Makanan Berlemak
Makanan berlemak bisa mengubah kadar hormon dalam tubuh sehingga bisa memperparah kondisimu saat sedang haid. Jadi lebih baik batasi atau hindari konsumsi makanan berlemak yang berlebih saat sedang haid.

Kebanyakan makan makanan yang mengandung karbohidrat juga kurang baik. Karena bisa menyebabkan kita gampang mengantuk dan mengacaukan kadar gula darah dalam tubuh. Kalau ingin mengonsumsi makanan berkabohidrat, imbangi dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

3. Makanan yang Terlalu Manis
Mengonsumsi gula atau yang manis memang perlu. Tapi jangan sampai berlebihan. Jika berlebihan, kondisimu bisa makin tak stabil dengan kondisi mood yang naik turun dan jadi susah mengendalikan emosi. Belum lagi dengan dampak pusing dan terganggunya sistem imun tubuh.

4. Segala Sesuatu yang Mengandung Soda
Minuman bersoda, berkarbonasi, dan segala sesuatu yang mengandung soda dan sodium berlebih sebaiknya dihindari saat sedang haid. Perubahan hormon yang terjadi saat haid sudah membuat tubuh harus bekerja keras dan bisa menyebabkan kembung. Dan mengonsumsi segala sesuatu yang mengandung soda bisa membuatmu makin gampang kembung dan jelas tak baik untuk kondisimu.

5. Makanan yang Dipanggang
Makanan yang dipanggang yang mengandung kadar lemak trans atau asam lemak trans yang tinggi bisa meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Sehingga membuat nyeri perut terasa makin menyiksa.

Penting juga untuk membatasi atau menghindari makanan yang digoreng. Seperti kentang goreng, ayam goreng, dan jajanan gorengan lainnya. Batasi konsumsinya untuk meredakan nyeri atau kram perut yang kamu rasa saat haid.

6. Buah Semangka dan Nanas
Hindari konsumsi buah-buahan yang "mendinginkan" seperti semangka dan nanas. Karena dampaknya bisa membuat darah yang keluar makin banyak dan membuatmu merasa makin nggak enak badan.

7. Makanan yang Berbasis Susu (Dairy Products)
Banyak produk berbasis susu yang mengandung lemak jenuh. Bila dikonsumsi berlebih saat sedang haid bisa menyebabkan iritasi dan inflamasi yang membuat kondisi haid jadi makin parah. Produk berbasis susu pun bisa memicu prostaglandin yang dapat menyebabkan kram perut. Kalau mau mengonsumsi makanan yang berbasis susu, pilihlah yang bebas lemak (fat free) atau yang rendah lemak.

Satu lagi yang perlu dihindari saat sedang haid adalah mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein. Karena bisa memperparah kondisimu jadi makin nggak tenang, depresi, dan membuat payudara makin terasa kencang. Lebih baik minum minuman herbal atau cukup perbanyak minum air putih saja saat sedang haid.

Semoga info ini bermanfaat buatmu, ya Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading