Sukses

Beauty

Bau Sih, Tapi Kentut Menyimpan 5 Manfaat Sehat Ini Lho!

Meski bau, dianggap jorok dan tidak sopan, tapi kentut adalah reaksi alami tubuh dan menunjukkan bahwa kamu sehat. Dr. Mark Wood, Professor dan peneliti dari University of Exeter (UK) Medical School mengatakan, hanya karena hidrogen sulfida (kentut) bau tidak enak dan tidak disukai, bukan berarti tak punya arti dan manfaat. Justru inilah manfaat kentut yang mungkin belum kamu ketahui. 

    Menjaga kesehatan usus

    Kentut adalah gas yang dilepaskan di dalam perut, menahannya keluar justru akan menyakiti usus besar, di mana zat sisa dikumpulkan. Usu besar akan mengalami tekanan sehingga perutmu terasa tidak nyaman.

    Mencegah kembung

    Karena gas yang tidak dikeluarkan dari perut, perutmu otomatis akan menumpuk gas tersebut dan membuatmu kembung. Menahan kentut pasti akan menyiksa, terutama di bagian perut.

    Baunya yang busuk sebenarnya sehat

    Meski dianggap jorok karena baunya yang tidak 'ramah' di hidung, tapi hidrogen sulfida ini justru baik untuk kesehatan, dalam kadar kecil. Penelitian bahkan membuktikan bahwa menghirupnya bisa mencegah penyakit, mencegah kerusakan sel tubuh, serangan jantung dan stroke.

    Usus yang sehat dan bakteri yang baik

    Kentut menunjukkan bahwa di dalam ususmu terdapat bakteri yang sehat, karena kentut merupakan zat sisa hasil pemecahan makanan. Jika usus tidak dibantu bakteri, makanan tak akan bisa diuraikan.

    Bisa jadi pendeteksi penyakit

    Kentut mungkin hal sepele, namun ternyata punya peran penting, bisa mendeteksi penyakit di dalam tubuhmu. Karakteristik kentut bisa dibedakan, misalnya jika kamu merasa sakit saat kentut, baunya sangat tidak enak, kentut berkali-kali atau justru tak bisa kentut. Hal ini bisa jadi penanda ada yang salah dengan kesehatanmu.

Jadi, kata siapa kentut itu hal yang jelek? Mungkin memang bau dan menjengkelkan, tapi justru sehat lho. 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading