Sukses

Beauty

5 Tips Menurunkan Berat Badan Buat Kamu yang Benci Olahraga

Sudah berapa kali dalam setahun belakangan ini kamu mencoba menurunkan berat badanmu? Seringnya sih kita punya niat untuk menurunkan berat badan. Namun, pada kenyataannya kita tak bisa melaksanakan rencana yang sudah kita buat. Ah, wanita kadang jadi terlalu gampang mudah menyerah bahkan saat belum mulai melakukan sesuatu.

Sebenarnya tips paling dasar untuk menurunkan berat badan adalah olahraga rutin dan menjaga pola makan. Hanya saja kadang karena kesibukan dan hal-hal lain, kita jadi tak punya waktu untuk olahraga. Bahkan jadi benci olahraga. Kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan?

Kalau kamu benci olahraga tapi ingin sukses menurunkan berat badan, coba lakukan tips-tips berikut ini. Kalau bisa melakukannya dengan rutin, yakin deh kamu bakal mendapatkan tubuh idealmu.

1. Makan dan Kunyah Perlahan
Tahu nggak kalau makan yang terlalu cepat justru bisa meningkatkan nafsu makan? Akhirnya, kita jadi kebanyakan makan, kekenyangan, dan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh pun jadi berlebihan. So, makan dan kunyahlah makananmu secara perlahan, Ladies. Sehingga kamu bisa lebih mudah mengendalikan nafsu makanmu.

2. Jangan Makan di Depan TV, Komputer, atau Laptop
Seperti yang dilansir oleh brightside.me, menurut American Journal of Clinical Nutrition, iklan makanan di televisi khususnya iklan makanan cepat saji bisa meningkatkan nafsu makan. Dan kalau makan di depan komputer atau laptop, kita jadi tak memperhatikan berapa banyak makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan kita kebanyakan makan.

3. Jaga Suhu Udara Ruangan
Sebaiknya jangan membuat suhu ruangan terlalu hangat atau panas. Kenapa? Karena saat ruangan sudah panas, tubuh kita tak perlu lagi menyesuaikan diri dan kalori yang terbakar pun lebih sedikit. Sementara itu, kalau suhu ruangan agak dingin, tubuh akan gemetar dan otot-otot rangka akan berkontraksi untuk memproduksi panas, sehingga bisa membakar lebih banyak kalori di dalam tubuh.

4. Konsumsi Yogurt dan Kacang-Kacangan
Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health, mengonsumsi yogurt dan kacang-kacangan bisa memberi dampak yang lebih efektif dalam menurunkan berat badan jangka panjang dibandingkan dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Buat kamu yang hobi makan makanan pedas, ada kabar baik untukmu. Jadi nih ya, makan makanan pedas juga bisa jadi cara untuk menurunkan berat badan. Kok bisa? Karena makanan pedas bisa membantu memperlancar sistem metabolisme tubuh. Tapi tetap jangan sampai berlebihan ya. Kalau berlebihan, kamu bisa kena sakit perut atau malah diare.


5. Minum Air Putih
Untuk mencegah dehidrasi, menjaga nafsu makan, dan memperlancar metabolisme tubuh, kita perlu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Sebuah percobaan klinis dalam sebuah pertemuan di American Chemical Society menujukkan bahwa minum dua gelas air sebelum makan bisa membantu seseorang menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.

Nah, itu tadi sejumlah alternatif lain yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan. Meski begitu, sebaiknya memang tetap meluangkan sedikit waktu untuk olahraga. Olahraga 30 menit pun bakal sangat membantu usahamu menurunkan berat badan. Jenis olahraganya juga nggak harus yang berat-berat, bisa cukup jalan kaki atau lari pagi.

Semoga info di atas bermanfaat, ya! Stay healthy, Ladies!






(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading