Sukses

Beauty

Kapan dan Mulai Usia Berapa Sebaiknya Kamu Tes Mammogram?

Setiap wanita punya kemungkinan mengidap penyakit kanker payudara, itulah mengapa para wanita harus tahu mengenai pencegahan kanker payudara, bagaimana gejalanya dan apa yang harus dilakukan agar bisa terhindar dari penyakit satu ini.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan mamogram, atau cek x-ray pada payudara. Tapi kebanyakan wanita belum tahu kapan sebaiknya melakukan mammogram. Dokter Taz Bhatia, M.D. dalam Woman's Day mengatakan, jika kamu tak punya faktor risiko pendukung kanker payudara seperti pernah punya keluarga mengidap kanker payudara, lakukan mammogram mulai usia 40 tahun.

Kanker payudara bisa dipicu dua sel kanker dari gen BRCA1 dan BRCA2, dan biasanya timbul dengan gejala payudara keras dan padat atau adanya tonjolan. Di Amerika Serikat, tahun 2016 ini wanita disarankan melakukan mammogram mulai usia 50 tahun dan diulang setiap 2-3 tahun sekali melakukan mammogram.

Untuk usia 30-40 tahun, mammogram bisa dilakukan tiap satu tahun sekali, selama tidak ada tanda-tanda aneh pada tubuh atau timbul gejala selama tes dilakukan. Setiap wanita punya potensi berbeda mengenai kanker payudara, akan lebih baik jika ini disertai konsultasi dokter ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading