Sukses

Beauty

Penasaran Kapan Waktu yang Tepat Buat Olahraga? Ini Jawabnya

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang wajib untuk kita lakukan. Kenapa wajib? Karena olahraga akan membuat tubuh lebih sehat, lebih bugar dan lebih berkesan. Tak hanya itu saja, olahraga juga telah menjadi aktivitas yang bisa menjamin berat badan kita berada di kondisi ideal. Untuk aktivitas olahraga sendiri, seperti yang kita tahu bahwa olahraga banyak ragamnya. Mulai dari sekedar jalan kaki, lari, berenang, sepak bola, angkat beban dan masih banyak lagi.

Dikutip ari laman prevention.com, pada dasarnya jenis olahraga sangat berpengaruh pada manfaat sehat yang akan kita dapatkan. Bahkan, penelitian yang dilakukan di Northwestern University menyebutkan jika tak hanya jenis olahraga saja yang berpengaruh pada manfaat sehat yang didapatkan. Lebih jauh, waktu olahraga pun sangat berpengaruh penting pada manfaat sehat yang didapatkan.

Para peneliti menyimpulkan bahwa waktu yang paling tepat dan baik untuk melakukan olahraga adalah pagi hari. Di pagi hari, tubuh masih berada di dalam kondisi yang sangat bugar. Di pagi hari pula, otot-otot di dalam tubuh juga masih lemas dan ini adalah waktu terbaik untuk mengolahnya menjadi lebih kuat.

Penelitian ini menyebutkan, "Oksigen dan jam alami tubuh akan saling bekerja sama di dalam sel otot yang kemudian menghasilkan energi untuk membakar gula maupun lemak di tubuh. Sementara itu, paparan sinar matahari pagi adalah paparan yang sehat dan mengandung banyak nutrisi serta vitamin buat kesehatan tubuh. Suasana serta udara di pagi hari pun sangat mendukung semakin baiknya kesehatan tulang dan kulit. Ini juga sangat mendukung terbentuknya suasana hati yang lebih tenang, nyaman dan bahagia ketika seseorang berolahraga di pagi hari."

Meski para peneliti mengatakan bahwa pagi hari adalah waktu terbaik dan tepat untuk melakukan olahraga, peneliti juga menyarankan agar saat melakukan olahraga tidak dilakukan terlalu pagi. Olahraga terlalu pagi yang masih ada embunnya, hal ini justru sangat berbahaya buat kesehatan paru-paru. Sebaiknya, olahraga di pagi hari dilakukan saat sinar matahari telah menyinari bumi dan embun mulai menghilang.

Nah, buat kamu yang ingin memiliki tubuh sehat, jangan lupa untuk senantiasa berolahraga di waktu yang tepat. Pastikan pula untuk tidak sering-sering bangun kesiangan karena hal ini sangat tidak baik buat kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading