Sukses

Beauty

Setelah Selesai Makan, Jangan Melakukan Aktivitas Ini

Setelah selesai makan biasanya kita akan mengantuk. Kalau sudah mengantuk seperti ini, godaan untuk tidur sangatlah kuat. Padahal tidur setelah selesai makan itu bisa memberi dampak negatif.

Tidur setelah makan itu tak serta merta membuat kita gemuk. Ada sejumlah dampak negatif lain yang bisa terjadi kalau kamu langsung tidur setelah makan. Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, dampak negatif langsung tidur setelah makan meliputi heartburn, acid reflux (Gastroesophageal Reflux Disease),hingga stroke. Memang cukup berisiko jika kita langsung tidur begitu baru selesai makan. Perlu waktu dua hingga tiga jam agar makanan kita tercerna dengan baik.

Selain tidur, ada sejumlah aktivitas lain yang sebaiknya tak kamu lakukan setelah makan. Apa saja? Berikut info lengkapnya.

    Merokok

    Merokok jelas mengganggu kesehatan. Dan merokok setelah makan dampaknya bisa lebih buruk. Penelitian menyebutkan bahwa merokok satu batang rokok setelah makan itu risikonya sama seperti merokok sepuluh batang rokok pada saat tidak selesai makan. Jadi risiko terkena penyakit kanker lebih besar.

    Mandi

    Mandi setelah makan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Mandi bisa menyebabkan meningkatkan aliran darah di tubuh, tangan, dan kaki yang bisa mengganggu proses pencernaan makan dan menyebabkan gangguan cerna. Kalau mau mandi, setidaknya beri jeda 40 menit setelah selesai makan.

    Makan Buah

    Buah-buahan sangat mudah dicerna oleh tubuh. Jadi sebaiknya dikonsumsi sejam atau dua jam sebelum makan. Kalau makan buah setelah selesai makan besar maka bisa menyebabkan perut kembung.

    Minum Teh

    Memang sih kadang justru paling enak minum teh hangat setelah selesai makan. Tapi ternyata disarankan untuk tak minum teh setelah makan. Kenapa? Karena kandungan keasaman teh bisa membuat proses pencernaan makanan lebih berat. Asam teh bisa membuat protein mengeras, sehingga sulit dicerna. Selain itu, tubuh jadi sulit menyerap zat besi dengan baik. Minum teh baru bisa dilakukan setidaknya satu jam setelah makan.

Setelah makan, beri kesempatan tubuh untuk mencerna makanan dengan baik. Minimal dalam kurun waktu dua jam setelah makan, kita tak langsung tidur atau melakukan aktivitas-aktivitas yang disebutkan di atas. Sayang banget kan kalau gizi dan nutrisi makanan yang kita konsumsi tak terserap dengan baik karena sebuah kesalahan kecil.

Semoga info ini bermanfaat, Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading