Sukses

Beauty

Mulai Sekarang Makan Nasi Dingin Saja, Soalnya...

Menikmati sajian lezat dengan nasi hangat biasanya akan terasa makin sempurna. Apalagi kalau dimakan dalam keadaan lapar, wah rasanya pasti tambah nikmat. Tapi tahu nggak kalau ternyata nasi yang lebih bagus dan baik untuk kesehatan itu justru nasi yang sudah dingin, bukan nasi hangat apalagi nasi panas.

Ada alasan sendiri kenapa nasi dingin lebih baik dari nasi hangat. Seperti yang dilansir oleh smithsonianmag.com, Michelle Roberts selaku editor kesehatan di BBC News memaparkan kalau pati dalam nasi akan dipecah menjadi gula sederhana oleh tubuh kita. Molekul gula sederhana itu kemudian ditumpuk dan diubah jadi glukosa yang memberi kita energi. Cuma masalahnya kalau tubuh kelebihan glukosa, maka bisa menumpuk jadi lemak.

Nasi punya dua jenis pati, yang mudah dicerna dan sukar dicerna. Dan hanya jenis karbohidrat yang bisa diserap oleh tubuh yang bisa dipecah jadi gula.


Tim peneliti kemudian mencari cara agar jenis pati yang sukar dicerna ini rendah kalori. Caranya adalah dengan menambahkan minyak kelapa dan mengonsumsi nasinya dalam keadaan dingin. Saat memasak nasi, tambahkan sedikit minyak sayur. Fungsi minyak kelapa ini adalah untuk mengubah struktur pati yang tadinya sulit dipecah jadi lebih mudah dicerna.

Setelah dimasak, dinginkan dulu nasinya. Nasi yang dingin kandungan karbohidratnya lebih sedikit. Sehingga saat kita mengonsumsinya, glukosa yang masuk dalam tubuh akan lebih sedikit pula. Para penderita diabetes pun lebih disarankan untuk mengonsumsi nasi dingin daripada nasi hangat atau nasi panas.

Jadi, mulai sekarang apakah kamu kamu mengubah kebiasaanmu dari makan nasi hangat ke makan nasi dingin? Semoga info ini bermanfaat, Ladies!
(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading