Sukses

Beauty

Kabar Baik! Ini Nih Karbohidrat Yang Tidak Akan Bikin Kamu Gemuk

Jika bicara tentang makanan yang membuat tubuh gemuk, maka banyak orang pasti akan menyebut karbohidrat sebagai salah satu penyebab utama. Padahal sebenarnya karbohidrat justru menjadi sumber energi utama yang dibutuhkan tubuh.

Sayangnya, jika karbohidrat dimakan berlebihan efeknya justru penimbunan makanan di tubuh yang menyebabkan bertambahnya berat badan. Karbohidrat memang sangat mudah diolah dan ketika tubuh tidak membutuhkan banyak tenaga, pada akhirnya karbohidrat diubah jadi lemak.

Karena faktor inilah karbohidrat kemudian jadi sumber nutrisi yang banyak dihindari jika ingin diet menurunkan berat badan. Tapi jika kamu jeli, sebenarnya ada banyak karbohidrat yang justru bisa membantumu menjaga atau menurunkan berat badan.

Menurut sebuah penelitian yang dikutip dari TIME.com, ada kelompok karbohidrat yang disebut "pati resisten" atau sering dikenal dengan karbohidrat kompleks, di mana jenis karbohidrat ini sulit dicerna, difermentasi dan diubah ke asam lemak yang disimpan di tubuh.

copyright by shutterstock.com

Makanan yang termasuk dalam pati resisten seperti misalnya biji-bijian, gandum utuh, pisang yang belum begitu matang, nasi merah, dan jagung. Dikatakan Paul Arciero dalam penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, uniknya jika kamu masak nasi hangat, pasta dan kentang lalu menyimpannya di kulkas, kandungan karbohidrat makanan-makanan ini berubah menjadi karbohidrat kompleks.

Nasi putih, kentang dan pasta yang sudah dingin aman dikonsumsi dan tidak bikin gemuk. Karbohidrat akan lebih sehat ketika disandingkan dengan protein. Porsi konsumsi karbohidrat harus sebanding dengan protein, 50:50. kebanyakan yang membuat orang gemuk adalah porsi karbohidrat yang lebih banyak dibanding protein.

Jadi, sekarang tahu kan, bahwa karbohidrat sebenarnya bukan musuh saat diet asal kamu tahu sumber karbohidrat mana yang baik untuk dikonsumsi.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading