Sukses

Beauty

Sering Migrain Saat Menstruasi, Kenapa Ini Bisa Terjadi?

Migrain merupakan salah satu masalah kesehatan yang akan membuat seseorang merasa sakit kepala yang sangat tidak nyaman. Migrain, biasanya juga akan terasa sakit di salah satu bagian kepala saja. Bisa pada bagian kanan saja atau bisa pada bagian kiri saja. Pada wanita sendiri, migrain juga seringkali terjadi saat seorang wanita menstruasi atau haid. Umumnya, migrain saat haid ini terjadi dua sampai 3 hari sebelum menstruasi hingga 3 hari selama periode menstruasi.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, migrain pada wanita yang sedang menstruasi adalah suatu kondisi yang wajar terjadi. Memang, tidak semua wanita yang sedang menstruasi akan mengalami migrain. Tapi, beberapa wanita akan senantiasa mengalami migrain saat ia menstruasi. Lantas, kenapa hal ini bisa terjadi?

Anne MacGregor, seorang profesor kesehatan dari Center for Neuroscience dan Trauma ar Barts mengungkapkan bahwa selama menstruasi hormon seseorang akan mengalami perubahan. Perubahan hormon inilah yang nantinya berpengaruh pada kesehatan termasuk kesehatan otak dan kepala. Perubahan hormon ini juga yang nantinya merangsang timbulnya nyeri kepala dan menjadikan seseorang terserang migrain.

Tak hanya merangsang nyeri di kepala atau otak, perubahan hormon juga akan merangsang nyeri di perut, nyeri di punggung serta nyeri di pergelangan kaki atau lengan. Rendahnya tingkat serotonin dalam tubuh akibat penurunan hormon estrogen menjelang menstruasi juga akan membuat nafsu makan bertambah, emosi menjadi lebih sensitif hingga kurangnya semangat dalam menjalankan aktivitas harian.

Ketika seseorang mengalami migrain terutama saat menstruasi, sangat disarankan baginya untuk istirahat yang cukup. Sangat disarankan agar ia juga konsumsi air putih cukup. Sementara itu, agar migrain yang seperti ini tidak terjadi setiap kali menstruasi datang, para ahli menyarankan agar kita senantiasa menerapkan pola hidup sehat, kurangi konsumsi minuman manis atau bersoda, perbanyak makan sayur dan buah, istirahat cukup dan senantiasa konsumsi berbagai makanan yang mengandung nutrisi serta vitamin yang diperlukan tubuh. Istirahat dan olahraga yang cukup juga sangat disarankan untuk tidak berkurang sedikit pun.

Ladies, itulah alasan kenapa saat menstruasi bisa menyebabkan migrain dan masalah kesehatan lainnya. Semoga, informasi ini bermanfaat dan kita semua bisa mengantisipasi migrain serta berbagai masalah lain saat menstruasi dengan menerapkan pola hidup sehat, istirahat serta olahraga cukup.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading