Sukses

Parenting

Kebiasaan Anak Cek Gadget Saat Malam Perburuk Kesehatannya

Saat ini, gadget telah menjadi salah satu kebutuhan utama setiap orang. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun nampaknya juga sangat membutuhkan gadget dan seolah tak bisa hidup tanpa gadget. Memang, gadget merupakan salah satu alat komunikasi dan sarana informasi yang memberikan banyak manfaat buat semua orang. Tapi, penggunaan gadget secara berlebihan dan terus-menerus juga memungkinkan seseorang mengalami masalah kesehatan baik dari segi fisik maupun psikis. Terlebih lagi, jika penggunaan gadget berlebih ini dilakukan oleh anak-anak.

Dikutip dari laman mirror.co.uk, para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa penggunaan gadget berlebih pada anak akan membuatnya mengalami masalah kesehatan yang lebih besar. Anak-anak yang memiliki kebiasaan mengecek gadget baik untuk melihat time line di media sosial atau mengunjungi facebook, instagram, snapchat, YouTube dan sejenisnya akan membuat anak mengalami penurunan kualitas kesehatan dari segi fisik maupun psikis.

Anak-anak yang memiliki kebiasaan memainkan gadget saat malam, hal ini mendorong anak mengalami masalah tidur yang cukup serius. Anak-anak juga sangat mungkin mengalami insomnia, keresahan menjelang tidur dan tak bisa tidur dengan nyaman serta tenang. Para peneliti menemukan bahwa setidaknya anak akan memeriksa gadgetnya sebanyak 10 kali setiap malam. Jika hal ini terus menerus terjadi dan menjadi kebiasaan, ini dipastikan akan membuat kesehatan anak menjadi buruk.

Selain membuat kesehatan anak buruk, bermain gadget secara berlebih dan terbiasa mengecek gadget saat malam akan membuat anak-anak kurang fokus saat belajar baik di sekolah maupun di rumah di siang hari. Anak-anak, juga akan rentan menjadi pribadi yang manja, mudah marah, mudah resah. Tidak jarang, beberapa dari anak-anak yang tidak bisa hidup tanpa gadget atau ponsel akan memiliki pemikiran yang kurang terbuka serta cenderung egois.

Studi yang dilakukan pada 2.750 siswa di AS ditemukan bahwa hampir 25% anak mengalami kelelahan saat siang karena saat malam mereka tidak bisa tidur nyenyak dan lebih mementingkan bermain gadget. 68% anak mengaku bahwa mereka tidak fokus saat belajar, mudah mengantuk dan tugas sekolah yang mereka kerjakan tidak maksimal karena lebih mementingkan bermain gadget saat malam daripada lekas tidur. Sementara 32% anak mengalami masalah kesehatan fisik dan psikis yang cukup memprihatinkan karena mereka tidak bisa berhenti bermain gadget baik saat siang atau malam.

Mike Buchanan, seorang ahli kesehatan mengatakan, "Dampak gadget buat kesehatan anak-anak sangatlah serius. Karena gadget, anak-anak bisa memiliki waktu tidur yang kurang. Ini bisa membuatnya mengalami masalah kesehatan baik untuk kesehatan fisiknya atau kesehatan psikisnya. Penting buat orang tua memantau keseharian anak dan membatasi penggunaan gadget terutama saat malam hari waktu dimana seharusnya anak-anak istirahat dan tidur dengan nyenyak."

Atas temuan ini, para ahli sangat menyarankan agar orang tua memantau anak dengan baik dan memastikan anak tidak memiliki kebiasaan buruk bermain gadget saat malam. Para ahli juga menyarankan agar setiap orang tidak terus menerus bergantung pada gadget karena efek cahaya serta radiasi gadget sangat buruk buat kesehatan terlebih lagi jika penggunaan gadget banyak dilakukan saat malam dan dalam kondisi ruangan gelap. Semoga, informasi ini bermanfaat dan kita semua bisa membatasi diri dalam menggunakan gadget

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading