Sukses

Beauty

Dari Puber Hingga Menopause, Payudara Akan Alami 8 Perubahan Ini

Kamu kira kamu akan punya bentuk dan ukuran payudara yang kamu kenal saat ini? Jangan salah, dua buah dada ini akan mengalami banyak fase di mana ia akan mengalami banyak perubahan. Bahkan mungkin kamu sendiri akan kaget dengan perubahannya.

Dari sebelum masa pubertas hingga menopause, kira-kira seperti inilah yang akan terjadi pada payudara.

Sebelum puber dan setelah puber/ copyright by cosmopolitan.com

Sebelum pubertas, tentu saja payudaramu akan datar seperti layaknya anak-anak lainnya. Namun ketika telah memasuki masa puber, payudara mulai tumbu dan membesar. Setelah kamu memasuki usia dewasa, pertumbuhan payudara akan berhenti, dan kamu akan mendapatkan ukuran payudara maksimal di usia tak lagi remaja.

Payudara masa hamil, setelah hamil, dan masa menyusui/ copyright by cosmopolitan.com

Tapi perubahan akan terjadi lagi ketika kamu hamil, payudara akan lebih besar dan bulat. Puting payudara juga membesar dan sensitif. Setelah melahirkan, payudara akan turun sebentar karena pengaruh hormon, tapi kemudian membesar lagi saat kamu menyusui. Bahkan seringkali tak sama besar antara kanan dan kiri.

Masa pre-menopause dan setelah menopause/ copyright by cosmopolitan.com

Payudara akan berubah lagi ketika kamu memasuki masa sebelum menopause, sekitar usia 40-50 an. Payudara akan turun (terbawa daya gravitasi), namun masih tampak agak padat. Begitu pula ketika memasuki usia 60 tahun ke atas. Payudara biasanya cenderung mengecil dan mengendur, juga turun.

Tak perlu merasa sedih, karena setiap wanita mengalaminya. Dan bahagia lah dengan apa yang terjadi pada kedua payudaramu, karena mereka telah melalui masa berat dan memberimu pengalaman tak terlupakan dalam hidup.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading