Sukses

Beauty

Sering Disepelekan, Tapi Inilah Penyebab Utama Kegemukan

Pada dasarnya, ada banyak hal yang membuat seseorang menjadi pribadi yang sangat mudah gemuk atau bertambah berat badan. Meski telah melakukan diet ketat dan mengurangi porsi makan, tak jarang berat badan tetap saja naik dan sulit untuk kurus. Perlu kita tahu, percepatan penambahan berat badan ini sering terjadi karena beberapa penyebab utama yang bisa saja sering kali kita sepelekan dan kita anggap hal tersebut tak akan membuat berat badan naik.

Proses metabolisme tubuh bisa bekerja dengan baik jika tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, istirahat yang cukup dan gerak cukup. Kalau ketiga hal tersebut kurang, tentu saja ini sangat berpengaruh besar pada metabolisme dan mengakibatkan tubuh lebih mudah mengalami kenaikan berat badan maupun penurunan berat badan yang drastis. Hanya saja, yang umum terjadi adalah kenaikan berat badan.

Ada beberapa hal utama yang menjadi penyebab kegemukan namun sering kali kita sepelekan atau anggap remeh. Hal atau penyebab tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Melewatkan Sarapan

    Inilah penyebab utama yang bisa memicu kegemukan. Melewatkan sarapan. Asal kita tahu, melewatkan sarapan justru bisa membuat berat badan naik dengan cepat. Tak hanya itu saja, Melewatkan sarapan juga akan membuat tubuh rentan terserang berbagai risiko penyakit. So, mulai sekarang pernah melewatkan sarapan lagi.

    Stres Berat

    Untuk penyebab kedua yang bisa membuat berat badan naik dan drastis atau kegemukan adalah stres berat. Kenapa stres berat bisa memicu kegemukan? Karena, stres berat tidak jarang akan membuat seseorang makan sangat banyak. Beberapa orang bahkan hanya mau makan makanan junk food, cokelat dan makanan gurih serta manis lainnya ketika stres. Stres juga sering kali membuat metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik dan hal ini mendorong terjadinya kenaikan berat badan lebih mudah.

    Pengaruh Obat-Obatan

    Kita mungkin pernah merasa bahwa setelah sakit dan minum obat, tubuh terasa lebih gemuk dan pipi juga terlihat lebih chubby. Ya, pengaruh dari beberapa obat memang sering kali membuat tubuh mengalami kenaikan berat badan drastis atau kegemukan. Efek beberapa obat bahkan menyebabkan kantuk berlebih, nafsu makan meningkat, lemak dalam tubuh tak bisa dihancurkan dengan baik, mengubah gula darah menjadi lemak dan masih banyak lagi.

    Kurang Tidur

    Satu lagi penyebab dari kegemukan adalah kurang tidur atau kurang istirahat. Awalnya, mungkin kita akan berpikir mereka yang kurang tidur akan memiliki tubuh langsing dan tak mudah gemuk. Tapi jangan salah, kurang tidur justru sangat memungkinkan seseorang mengalami kenaikan berat badan lebih mudah. Apalagi, jika saat ia terjaga di malam hari, ia kerap kali ngemil. Tak hanya kurang tidur yang menyebabkan kegemukan, kelebihan tidur juga akan menyebabkan kegemukan.

    Menopause

    Untuk penyebab kegemukan yang selanjutnya adalah menopause. Para ahli mengatakan bahwa menopause memang menjadi salah satu hal yang menjadi penyebab utama dari kegemukan. Tidak heran, jika setelah mengalami menopause seorang wanita akan lebih mudah mengalami kenaikan berat badan. Terlebih lagi, jika ia tidak memiliki olahraga atau gerak tubuh yang cukup setiap harinya.

Ladies, itulah beberapa hal yang menjadi penyebab kegemukan namun sering kali kita sepelekan dan abaikan. Agar berat badan selalu terjaga dengan baik, pastikan bahwa nutrisi yang dikonsumsi setiap hari mencukupi. Pastikan pula bahwa gerak tubuh dan istirahat juga cukup. Hindari konsumsi makanan berlemak seperti junk food, gorengan, minuman bersoda serta makanan manis dan gurih. Semoga, informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading