Sukses

Beauty

Air Jeruk Nipis Untuk Sehat, Langsing dan Awet Muda

Sehat dan cantik tidak harus mahal. Ingin wajah terlihat muda? Biasakan minum air jeruk nipis secara rutin. Jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas atau bahan kimia yang membahayakan sel-sel. Selain itu, jeruk nipis juga sumber yang baik dari potassium, vitamin A, B, C dan D, kalsium dan magnesium.

Inilah beberapa alasan mengapa Anda perlu menambahkan perasan jeruk nipis pada Air yang Anda minum.

    Meremajakan kulit

    Sebagai sumber vitamin C dan flavonoids, antioksidan pada jeruk nipis bisa memperkuat kolagen sehingga membuat kulit terasa lembut, lembap, dan tentunya terlihat lebih muda. Hindari mengoleskan jeruk nipis langsung ke kulit Anda karena paparan sinar matahari yang menerpa kulit dapat mengakibatkan phytophotodermatitis atau luka bakar yang menyakitkan.

    Memperbaiki pencernaan

    Jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur memecah makanan untuk pencernaan yang lebih baik. Selain itu, flavonoid dalam jeruk nipis juga merangsang sekresi cairan pencernaan. Jika Anda tersiksa karena sembelit, keasaman jeruk nipis dapat menghapus sistem eksresi dan merangsang aktivitas usus. Dan jika Anda sering mulas atau asam refluks, minumlah segelas air hangat dengan dua sendok teh air jeruk nipis sekitar 30 menit sebelum makan untuk mencegah gejala refluks.

    Membantu penurunan berat badan

    Asam sitrat pada jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme, membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan menyimpan sedikit lemak. Lakukan juga aktivitas fisik secara teratur dan mengontrol porsi makan serta memperbanyak mengonsumsi buah dan sayuran, untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan ideal. Untuk mengawali hari yang baik dan memperbaiki metabolisme Anda, minum segelas air jeruk nipis di pagi hari atau mengisap irisan jeruk nipis sebelum makan.

    Menurunkan gula darah

    Jeruk nipis merupakan sumber vitamin C yang sangat baik karena itu dapat membantu para penyandang diabetes. Jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah dan membantu mengatur bagaimana tubuh Anda menyerap gula ke dalam aliran darah. Akibatnya, Anda mungkin akan mengalami sedikit lonjakan gula darah.

    Mengurangi penyakit jantung

    Jeruk nipis adalah sumber yang baik dari magnesium dan kalium, yang dapat menjaga kesehatan jantung. Kalium dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Senyawa pada jeruk nipis, yaitu limonins kemungkinan dapat mengurangi kadar kolesterol. Tekanan darah tinggi bila dikombinasikan dengan kolesterol tinggi dapat membuat pembuluh darah menyempit. Hal ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan penyakit jantung.

    Mencegah kanker

    Kanker adalah pertumbuhan yang tidak terkendali dari sel-sel abnormal dan dapat berkembang di beberapa bagian tubuh, termasuk payudara, paru-paru dan ginjal. Minum air jeruk nipis dapat mengurangi risiko kanker berkembang dan membantu Anda melawan penyakit. Sifat antioksidan pada jeruk nipis dapat meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda.

    Mengurangi peradangan

    Arthritis, gout, dan masalah bersama lainnya disebabkan oleh peradangan. Vitamin C dapat mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh Anda, sehingga menambahkan air jeruk nipis ke air dapat meredakan gejala kondisi arthritis dan serupa yang menyebabkan nyeri sendi dan kekakuan. Sebuah studi dari Annals of the Rheumatic Diseases melaporkan bahwa mereka yang mengonsumsi sedikit vitamin C berisiko tiga kali lebih tinggi mengalami arthritis.

    Jeruk nipis juga dapat mengurangi kadar asam urat. Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh menumpuknya limbah dari makanan yang mengandung purin seperti daging,hati, jamur dan kacang kering. Tingginya kadar asam urat dapat menyebabkan asam urat.

Untuk hasil terbaik, minumlah jeruk nipis tanpa gula atau tambahan lainnya.

Sumber: meetdoctor

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading