Sukses

Beauty

Mual Menjelang Haid, Normal Nggak Sih dan Gimana Mengatasinya?

Mual memang salah satu gejala PMS. Rasanya sungguh membuat tak nyaman. Saat mual, nafsu makan ikut berkurang. Menjalani rutinitas atau aktivitas seperti biasa pun terasa sangat berat.

Merasa mual menjelang haid itu masih tergolong normal. Adanya perubahan hormon, pola makan yang tak seimbang, hingga stres bisa jadi pemicu seorang wanita mengalami mual menjelang haid. Bahkan kondisinya makin parah saat kita terlalu banyak mengonsumsi kafein atau kebanyakan makan makanan yang asin-asin.

Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, premenstrual syndrome (PMS) umumnya jadi penyebab kita merasa tak enak badan menjelang haid. Sekitar 75 persen wanita mengalami gejala PMS. Salah satu penyebabnya adalah karena pengaruh menurunnya kadar hormon estrogen saat menjelang haid.

Perubahan hormon yang terjadi saat PMS bisa mempengaruhi fungsi sistem pencernaan, sehingga bisa menyebabkan terjadinya mual. Rasa mual itu juga bisa muncul karena nyeri haid yang kita rasakan. Ketika perut terasa kram saat menjelang haid, efeknya akan membuat tubuh merasa tak nyaman dan bisa mengakibatkan mual. Selain itu, hormon yang tak seimbang juga bisa mempengaruhi bagian otak yang mengontrol soal perilaku muntah dan mual.

Untuk mengatasi rasa mual menjelang haid ada sejumlah cara yang bisa kita lakukan. Tak harus mengonsumsi obat-obatan tertentu, kok. Ada banyak cara alami yang bisa kita pilih.

Minum Jahe Hangat

Jahe memiliki kandungan anti inflamasi dan antispasmodik. Sehingga jahe diyakini bisa membantu mengatasi mual dan gejala PMS. Minum segelas jahe hangat bisa bantu redakan mual yang kamu rasa.

Konsumsi Vitamin B6

Mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B6 bisa jadi solusimu. Atau bisa juga diganti dengan mengonsumsi makanan yang kaya B6 untuk meredakan mual. Hanya saja kalau mengonsumsi suplemen vitamin B6, jangan melebihi 100 mg karena khawatir akan efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak sulit dicerna atau butuh waktu lama untuk mencernanya. Kalau ingin rasa mual yang kamu rasa segera lenyap, hindari konsumsi makanan berminyak dan berlemak, ya Ladies.

Kompres Air Hangat

Untuk membuat otot-otot perut terasa lebih rileks, coba kompres dengan air hangat. Kalau tak punya alat kompres khusus, coba siapkan botol air minum lalu isi dengan air hangat. Setelah itu kompreskan di area perut. Beberapa menit kemudian, nanti perut akan terasa lebih enakan.

Kalau rasa mual yang kamu rasa sangat parah bahkan tak kunjung berhenti setelah haid, segera hubungi dokter ya. Dengan begitu, kamu akan segera mendapat penanganan yang tepat.

Semoga info ini bermanfaat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading