Sukses

Beauty

8 Hal Tentang Menstruasi yang Perlu Anda Ketahui

Setiap bulan sebagian besar perempuan mengalami menstruasi. Kedatangan tamu bulanan ini sering kali diikuti dengan perasaan tidak nyaman, perut kram, dan jerawat. Setiap perempuan mengalami masalah menstruasi yang berbeda-beda. Banyak fakta tentang menstruasi yang perlu Anda ketahui. Berikut ini beberapa di antaranya:

    Rata-rata perempuan mengalami menstruasi selama 38 tahun

    Itu berarti perempuan mengalami menstruasi selama empat dekade, dari usia sekitar 12 tahun sampai usia sekitar 50 tahun (menopause).

    Pria bisa tahu kapan seorang perempuan berovulasi

    Setidaknya secara fisiologis, pria mengetahui kapan masa subur seorang perempuan. Penelitian menunjukkan bahwa pria bisa mencium aroma perempuan lebih memikat ketika dia berovulasi. Bahkan gerakan tarian perempuan lebih menarik bagi otak pria ketika dilakukan pada masa paling subur.

    Gejala menstruasi yang berat dapat menjadi tanda kondisi medis yang serius

    Sekitar 6 sampai 10 persen perempuan Amerika menderita endometriosis, kondisi menyiksa yang dapat berupa kram perut, nyeri punggung kronis dan banyak lagi. Hal ini juga kadang menyebabkan infertilitas. Anda sebaiknya berkonsultasi pada dokter ketika mengalami menstruasi yang menyiksa. Pilihan pengobatannya biasanya berupa terapi hormonal atau operasi.

    Menstruasi ‘menular’ itu hanya mitos

    Pernah mengalami jadwal menstruasi yang berbarengan dengan teman kantor? Atau ketika hari ini Anda menstruasi, hari berikutnya si teman juga kedatangan bulan? Meski memiliki siklus yang sama bukan berarti itu menandakan menstruasi ‘menular’. Itu hanya kebetulan saja. Bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa menstruasi bisa ‘menular’ sangat sedikit.

    PMS adalah hal yang nyata

    Perempuan sering mendapat olok-olok soal PMS. “Cuma PMS, kok, enggak perlu berlebihan deh. Padahal, gejala PMS benar-benar suatu siksaan bagi perempuan. Perut kram, emosi tidak stabil, sulit tidur, nyeri otot atau sendi dan sakit kepala adalah siksaan yang kerap dialami banyak perempuan saat PMS.

    Musim dapat mempengaruhi banyak sedikitnya mentruasi

    Penelitian menunjukkan bahwa sinar matahari berperan dalam banyak sedikitnya darah menstruasi. Jika ovulasi Anda terjadi saat musim panas ada kemungkinan siklus menstruasi Anda lebih singkat.

    Perempuan tidak perlu menstruasi setiap bulan untuk sehat

    Ada ketakutan ketika menstruasi terlambat atau tidak datang sama sekali. Menstruasi tidak mempengaruhi kesehatan Anda. Jadi bagi Anda yang tidak ingin hamil dan menggunakan kontrasepsi hormonal untuk mencegah itu, itu bisa saja Anda lakukan. “Tidak ada alasan medis mengapa perempuan harus menstruasi setiap bulan, dan tidak ada yang salah ketika ada perempuan yang tidak mengalami itu,” Alyssa Dweck, asisten klinik profesor OB/GYN di Mount Sinai School of Medicine.

    Stres dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur

    Berat badan turun secara drastis atau faktor gaya hidup lainnya belum tentu jadi penyebab stres datang tidak teratur. Sebaiknya periksakan ke dokter jika ada yang salah.

Semoga informasi ini bermanfaat, Ladies.

Sumber: meetdoctor

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading