Sukses

Beauty

Pusing Menjelang Haid, Normal Nggak Sih?

Sejumlah wanita saat menjelang atau sedang haid biasanya akan merasa pusing atau sakit kepala. Parahnya lagi, pusing itu bisa menyebabkan migrain hingga mual dan muntah-muntah. Hm, kondisi seperti ini sebenarnya normal nggak sih?

Penyebab pusing menjelang haid itu ada bermacam-macam. Beberapa di antaranya adalah karena stres, pola makan yang buruk, hingga hormon yang tak seimbang. Tapi sampai kadar apa pusing menjelang haid ini disebut normal?

Kenali Menstrual Migraine

Seperti yang dikutip dari newhealthadvisor.com, menstrual migraine(migrain yang muncul saat menstruasi) merupakan kondisi yang dibsebabkan oleh menurunnya kadar hormon estrogen. Secara statistik, hanya 10 persen atau bahkan kurang dari 10 persen wanita yang mengalami migrain ini. Penelitian juga menyebutkan kalau migrain ini terjadi dua hingga tiga hari menjelang menstruasi.

Ada dua pola menstrual migraine. Pertama, pure menstrual migraine di mana migrain dirasakan hanya saat sedang menstruasi. 1 dari 7 wanita mengalami migrain ini. Kedua, menstrual-associated migraine,migrain yang bisa muncul saat sedang menstruasi dan juga di luar siklus menstruasi. 6 dari 10 wanita mengalami hal ini.

Pusing Juga Bisa Jadi Salah Satu Gejala PMS

70-90 persen wanita subur bisa mengalami gejala PMS (premenstrual syndrome). Selain payudara yang terasa menegang dan mood swings(suasana hati yang naik turun), gejala PMS lainnya adalah pusing. Jadi saat kamu merasa pusing atau migrain, coba cek lagi siklus haidmu. Jika sakit kepala yang dirasa mendekati siklus haid, itu bisa jadi tanda gejala PMS.

Menghindari Pusing Menjelang Haid Tanpa Obat

Ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari serangan sakit kepala menjelang haid. Mulai dari mengurangi konsumsi makanan yang manis-manis dan junk foodserta membatasi konsumsi kafein. Hentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol. Minum cukup air putih setiap hari. Selain itu, penting untuk menghindari stres karena keseimbangan hormon juga dipengaruhi oleh stres. Jaga mood tetap positif, meski susah tapi bisa kok dicoba.

Kalau pusing atau sakit kepala yang dirasa sangat menyiksa, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter. Dokter mungkin akan memberimu obat-obatan tertentu untuk meredakan sakit yang kamu rasa. Asal jangan sampai nekat konsumsi obat-obatan sembarangan tanpa resep atau arahan dokter terpercaya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading