Sukses

Beauty

Ladies, Ini Lho Penyebab Berat Badan Naik Saat Sedang Haid

Beberapa wanita mengalami lonjakan berat badan yang cukup banyak saat sedang PMS dan haid. Sebenarnya tak perlu khawatir dengan hal ini Ladies, karena kenaikan badan memang sangat berkaitan dengan PMS. Selain kenaikan berat badan beberapa masalah lain yang datang saat menstruasi antara lain frustasi, stres, lesu, sering cemas, perut kembung, kram dan sakit punggung.

Banyak yang merasa penasaran apa sih penyebab berat badan bisa naik cukup banyak saat mulai PMS dan haid? Umumnya berat badan bisa naik 1-3 kg pada saat siklus bulanan tersebut. Banyak wanita yang panik akan kenaikan berat badan ini terutama mereka yang sedang menjalani diet. Nah, berikut ini Vemale akan coba hadirkan 3 sebab utama mengapa berat badan bisa naik saat sedang haid.

  • Penyebab pertama adalah turunnya level magnesium dalam tubuh. Tepat sebelum menstruasi tingkat magnesium dalam tubuh akan menurun. Ini akan menyebabkan tingkat insulin jadi lebih rendah, dengan kata lain tubuh akan menginginkan asupan glukosa dalam tubuh. Ini akan membuatmu ingin makan manis saat sedang PMS atau haid. Makanan manis adalah salah satu penyebab utama terjadinya kenaikan berat badan sebelum dan saat haid.
  • Penyebab selanjutnya adalah retensi air. Kondisi ini juga dikenal sebagai edema. Edema mempengaruhi tubuh karena fluktuasi hormonal parah saat sedang haid. Inilah yang membuat perut terasa kembung saat sedang haid. Ini juga menyebabkan hormon progesteron turun secara mendadak dan tiba-tiba.
  • Saat sedang PMS alias menjelang haid, nafsu makan memang meningkat dengan sangat drastis Ladies. Selama periode menstruasi, ada lonjakan dalam tingkat metabolisme dan ini menyebabkan konsumsi makanan meningkat secara signifikan. Otak merespon kondisi iniĀ  sebagai kekurangan glukosa yang jadi penyebab wanita akan memiliki kecenderungan makan berlebihan selama PMS dan menstruasi.


Nah, itu tadi adalah beberapa sebab mengapa berat badan bisa melonjak saat sedang menstruasi. Cara untuk menyiasati nafsu makan yang meledak adalah perbanyak saja konsumsi buah dan sayuran saat sedang PMS dan menstruasi Ladies. Jangan lupa pula untuk minum air putih yang banyak agar tak mudah merasa lapar.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading