Sukses

Beauty

Tak Boleh Makan Di Atas Jam 6 Sore, Benarkah Efektif Untuk Diet?

Banyak orang menjalankan diet dengan cara menghindari makan malam. Umumnya makan malam tak boleh lebih dari jam 8 malam. Tapi ada juga yang diet membatasi diri tidak makan apa pun lagi mulai di atas jam 6 sore. Hal ini pun pernah saya lakukan secara pribadi.

Dan apakah aturan diet ini berhasil? Untuk saya, cara ini memang berhasil. Saya pernah mencoba diet dengan cara tidak makan apapun lagi setelah jam 6 sore kecuali minum air putih. Meski pada awalnya sangat berat dan selalu tergoda untuk ngemil, namun setelah terbiasa, proses penurunan berat badan ternyata lebih cepat, apalagi jika dijalani bersama dengan olahraga rutin, bisa turun 5 kg selama 5 bulan.

Meski begitu, Dana Hunnes, Ph.D., M.P.H.
, R.D., ahli diet senior dari Ronald Reagan UCLA Medical Center mengatakan bahwa aturan itu entah berasal dari mana, namun hal ini kemungkinan memang bisa membuahkan hasil.

Makan malam sendiri memang berhubungan erat dengan kenaikan berat badan karena saat malam hari tubuh tak banyak melakukan aktivitas sedangkan asupan kalori bertambah. Dan mengurangi asupan kalori di malam hari memang menunjukkan hasil penurunan berat badan yang signifikan.

Hal ini didukung pula dengan hasil penelitian dari Brigham Young University yang meminta 29 pria muda berhenti makan di atas jam 7 dan jam 6 sore selama 2 minggu. Dan ternyata, dan kurun waktu tersebut, mereka mampu menurunkan setengah kilo berat badan.

Ketika dibiarkan makan di atas jam itu, dengan cepat berat badan mereka naik sebanyak 1-lebih dari setengah kg. Hal ini juga berlaku untuk para wanita yang justru cenderung mudah gemuk. Membatasi makan di atas jam 6 sore kemungkinan membuatkan hasil diet yang signifikan.

Namun bagaimana caranya membiasakan diri untuk tidak makan di atas jam itu? Untuk langkah pembiasaan, kamu bisa mulai mengurangi porsi makan. Ditambah dengan asupan air putih. Begitu seterusnya hingga bisa menyingkirkan makanan padat dan hanya minum air putih saja. Lakukan pembiasaan dengan diikuti olahraga kardio rutin.

Namun tentu saja setiap tubuh orang berbeda-beda. Reaksi dan proses penurunan berat badan bisa bervariasi untuk setiap orang. Jika memang cara ini tak bisa kamu lakukan, kamu tak perlu memaksakan diri ya ladies. Cukup terapkan hidup sehat dengan cukup tidur, makan sayur dan buah serta olahraga teratur.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading