Sukses

Beauty

Bahaya Tersedak, Tak Cepat Ditangani Bisa Sebabkan Kematian

Akhir pekan lalu, kabar duka datang dari komedian ternama Komeng. Ya, ia baru saja kehilangan buah hatinya yang masih berusia 10 tahun bernama Cantika. Dari beberapa kabar yang ada, kematian putri komedian ternama tersebut terjadi setelah ia tersedak. Mmm, apakah ia tersedak bisa menyebabkan seseorang meninggal dunia? Dikutip dari laman merdeka.com, tersedak adalah suatu kondisi yang sangat berbahaya. Mungkin, sebagian dari kita akan menganggap bahwa tersedak adalah suatu hal yang remeh. Tapi jangan salah Ladies.

Tersedak adalah suatu hal yang sangat berbahaya dan tidak boleh diremehkan juga disepelekan begitu saja. Selama ini, telah banyak kasus yang menyebutkan banyak orang meninggal dunia karena tersedak. Di tanah air sendiri, beberapa bulan lalu kasus tersedak telah menyeret nama salah satu restoran cepat saji setelah mengadakan lomba makan ayam goreng sementara salah satu pesertanya meninggal dunia karena tersedak. Atau, kasus seorang pria yang makan burger sekali lahap dan akhirnya tersedak hingga meninggal dunia.

Mengenai tersedak, ia adalah kondisi penyumbatan saluran nafas bagian atas oleh makanan atau benda lainnya. Karena saluran nafas terhambat, hal ini akan membuat seseorang kesulitan bernafas. Untuk kasus yang ringan, tersedak sering kali membuat seseorang batuk-batuk. Tapi, dalam kasus yang sudah besar, seseorang yang tersedak tak lagi batuk tetapi memungkinkan ia kesulitan nafas dan meninggal dunia.

Ketika seseorang tersedak, nafas akan terhambat dan tak ada oksigen yang bisa masuk ke dalam paru-paru. Sementara asupan oksigen tak terpenuhi dengan baik, hal ini akan sangat berpengaruh pada otak. Otak sangat sensitif terhadap kekurangan oksigen dan mulai mati dalam waktu 4 sampai 5 menit. Untuk itu, ketika seseorang tersedak, sangat disarankan untuk segera diberikan pertolongan. Jika tidak segera diberikan pertolongan, hal ini bisa meningkatkan risiko kematian.

Lantas, apa sih penyebab dari tersedak ini? Jadi begini, sebenarnya ada banyak hal yang menjadi penyebab tersedak. Menurut keterangan di laman emedicinehealth.com, penyebab tersedak adalah tersumbatnya makanan atau benda lain di saluran kerongkongan. Tersedak juga bisa dipicu oleh gangguan saluran pencernaan baik pencernaan bagian atas maupun bagian bawah. Gangguan itu bisa saja berupa gangguan di rongga mulut, tenggorokan, usus juga lambung.

Untuk masalah tersedak sendiri, hal ini bisa berisiko pada semua usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dalam banyak kasus, mereka yang mengalami tersedak adalah mereka yang makan atau minum dengan tergesa-gesa, tidak fokus dan makan dalam keadaan kaget atau terkejut. Makan atau minum sambil berbicara dan tertawa juga sangat mungkin meningkatkan risiko tersedak.

So, agar kita dan orang-orang tercinta di sekitar kita jauh dari risiko tersedak, sangat disarankan untuk makan atau minum dengan pelan dan fokus. Disarankan pula, untuk membasahi tenggorokan sebelum makan agar makanan yang dimakan tidak tersumbat di tenggorokan atau kerongkongan. Jika kamu sering kali mengalami tersedak, sangat disarankan agar kamu memeriksakan diri ke dokter dan mencari tahu apa yang terjadi pada tubuh kamu. Semoga, informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading