Sukses

Parenting

Tumbuh Layaknya Remaja, Gadis Ini Alami Puber di Usia 6 Tahun

Perkembangan biologis seorang perempuan melewati beberapa tahap. Salah satu tahapan yang normal dialami adalah pertumbuhan payudara dan rambut kemaluan yang terjadi di usia-usia puber, sekitar usia 10 hingga 15 tahun.

Tetapi apa yang dialami oleh seorang gadis bernama Teri-Leigh ini, sangatlah berbeda. Teri-Leigh, kini berusia 10 tahun, telah mengalami masa pubertas sejak usia 6 tahun. Perkembangan fisik dan psikis Teri-Leigh yang luar biasa ini disebabkan karena tumor otak (yang tidak berpotensi menjadi kanker) yang disebut hypothalamic hamartoma. Akibat penyakit ini, Teri-Leigh mengalami gejala-gejala pubertas lebih dini daripada gadis-gadis seusianya.

Foto: copyright dailymail.co.uk
Sang ibu, Sarah Tweedie-Connor, menceritakan pengalaman yang dialami putrinya ini. "Di saat anak-anak seusianya berlari-lari ke sana kemari, menikmati masa-masa indah kanak-kanak dengan bermain, putriku justru sedang bergelut dengan dirinya sendiri. Mengkhawatirkan perubahan dalam tubuhnya dan berperang dengan mood swings yang dialaminya," ujar ibu tiga orang anak ini. "Hati saya campur aduk tak karuan saat Teri-Leigh bertanya-tanya mengapa ia terlihat tak sama seperti teman-teman seusianya. Bagaimana ia melihat dirinya yang berbeda, membuatnya minder."

Dengan usia yang masih 10 tahun, tinggi badan Teri-Leigh telah mencapai 157 cm. Saat berusia 6 tahun, tingginya 142 cm. Karena hal ini ia sering diusir dari tempat bermain anak-anak karena dianggap terlalu besar. Ketika sang ibu menjelaskan usianya masih 6 tahun, banyak orang yang tak mempercayainya karena struktur wajah dan tubuh Teri-Leigh yang telah matang menyerupai remaja usia 13-15 tahun.

Foto: copyright dailymail.co.uk

Kini, Teri-Leigh menjalani pengobatan hormon dengan cara suntik hormon. Pengobatan ini dilakukan untuk mencegahnya menstruasi lebih dini. Tetapi pengobatan ini nyatanya tak mampu menghentikan pertumbuhan tubuh luar biasa yang dialami oleh Teri-Leigh. Tahun lalu, saat Teri-Leigh menginjak tahun pertamanya di sekolah dasar, payudara dan rambut kemaluannya telah tumbuh. Tahapan yang sama-sama dialami oleh kakak keduanya, Kian, di usia 12 tahun.

Ahli medis dari Walsall University Hospital telah melakukan penelitian terhadap struktur tulang Teri-Leigh. Mereka menemukan, gadis asal California ini memiliki struktur tulang yang sama dengan anak-anak usia 10 tahun dan para ahli medis juga masih tak mengetahui mengapa hal ini bisa terjadi.

"Saya khawatir dengan ukuran tubuh dan perkembangannya yang begitu cepat ini, ia akan menjadi sorotan dan membuatnya seolah-olah anak yang aneh. Tetapi saya terus menekankan padanya bahwa hal ini wajar dan dia pasti bisa melewatinya dengan baik-baik saja," kata Sarah.

Sarah berharap, seluruh orang tua memiliki kepedulian terhadap kondisi ini karena dapat terjadi pada siapa saja. Meski tubuh dan perkembangan psikisnya telah dewasa, sesungguhnya Teri-Leigh masihlah seorang anak-anak. Semoga masa kecilnya yang seharusnya bahagia, tidak terenggut karena kondisi yang berbeda ini.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading