Sukses

Beauty

Agar Duduk Seharian Tak ''Membunuhmu'', Ikuti 5 Tips Ini

Pekerjaan menuntutmu duduk seharian di depan komputer? Atau karena jadwal kerja yang padat, kamu tak sempat untuk olahraga dan jarang aktif menggerakkan tubuh. Padahal duduk seharian dalam kurun waktu yang lama bisa berbahaya untuk kesehatanmu. Mulai dari sakit kepala, obesitas, risiko terkena kanker dan penyakit jantung, hingga berisiko terkena tekanan darah tinggi. Wah, serem kan, duduk seharian bisa berisiko membunuhmu.

Tapi nggak usah panik, Ladies. Ada tips-tips mudah yang bisa kamu ikuti untuk menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai risiko penyakit. Berikut lima tips paling sederhana yang bisa kamu ikuti.

    Sejajarkan Pinggiran Atas Monitor dengan Pandangan Mata

    Cek lagi posisi layar monitormu. Dilansir dari time.com, menurut Dr. Jim Sheedy, direktur Vision Performance Institute di Pacific University, posisi pinggiran atas monitor harus sejajar dengan pandangan mata. Sehingga saat bekerja, misalnya mengetik, pandangan mata cukup ditundukkan 10 derajat saja. Posisi monitor yang terlalu rendah bisa menyebabkan nyeri leher dan punggung. Kalau posisi monitornya terlalu tinggi, bisa menyebabkan mata kering.

    Duduk Tegak

    Banyak pegawai kantoran yang tubuhnya jadi bungkuk karena kebiasaan buruk saat duduk seharian di depan komputer. Saat duduk, tetap usahakan tubuhmu untuk tegak. Posisi siku tidak menggantung, melainkan sejajar menumpu pada meja. Untuk menjaga posisi punggung agar tak membungkuk, bisa taruh bantal untuk mengganjal punggungmu. Jadi saat bersandar pun tetap nyaman.

    Bekerja Sambil Berdiri

    Kalau memungkinkan, miliki meja kerja yang cukup tinggi. Saat bekerja, mengetik misalnya, kamu tak lagi duduk melainkan berdiri. Saat ini sudah cukup umum tren standing desk atau sit-stand workstation. Dengan meja itu, kita bisa menyesuaikan kondisi kerja dengan kebutuhan. Kalau sudah merasa capek duduk, bisa coba berdiri beberapa menit. Agar aliran darah lebih lancar dan pastinya juga agar tak gampang pegal.

    Jalan Kaki Setiap Satu Jam Sekali

    Kalau perlu pasang alarm untuk mengingatkan dirimu agar mau berdiri dan jalan kaki sebentar setiap satu jam sekali di sela kerjamu. Bisa dengan jalan kaki ke toilet, mampir ke pantry, jalan-jalan di seputar kantor, atau sekadar jalan di tempat. Agar kalori dalam tubuh bisa terbakar dan aliran darah mengalir lancar. Bekerja pun jadi terasa nyaman.

    Gunakan Teknik Pomodoro

    Kerja terus tanpa istirahat bakal bikin stres. Penting untuk membuat jeda istirahat di sela waktu bekerja. Ada sebuah teknik menarik yang berkaitan dengan ini. Namanya Teknik Pomodoro. Seperti yang dilansir oleh time.com, teknik ini merupakan teknik di mana kita bekerja selama 25 menit dengan konsentrasi penuh, lalu diikuti dengan lima menit istirahat. Pomodoro yang berarti tomat dalam bahasa Italia ini mengacu pada timer dapur yang berbentuk tomat. Dengan metode ini, kita akan "dipaksa" untuk fokus bekerja dan bisa meningkatkan produktivitas dengan lebih efektif lagi.

Duduk seharian di depan komputer untuk bekerja itu bisa bikin capek dan tubuh pegal-pegal. Dampaknya juga sangat buruk untuk tubuh kalau tak disiasati dengan tips-tips di atas. Selain menghabiskan waktu untuk bekerja, tetap usahakan untuk meluangkan waktu untuk berolahraga dan menjaga polah hidup yang sehat, ya Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading