Sukses

Beauty

Buruan Ganti Roti Tawar Putihmu Dengan Roti Gandum, Ini Alasannya

Kalau ngomongin sarapan yang cepat dan praktis, roti adalah primadonanya. Tinggal menambahkan isian seperti selai, telur, sayuran atau dimakan begitu saja, roti bisa jadi andalan untuk mengenyangkan perut.

Bicara soal roti, banyak ahli gizi yang tidak menyarankan konsumsi roti tawar putih setiap hari. Pasalnya, roti tawar putih hanya mengandung sedikit nutrisi. Tetapi kita tidak benar-benar tahu sebelumnya, apa sih dampak konsumsi roti tawar putih terus-menerus? Ternyata ini faktanya:

    Roti tawar putih tidak mengandung serat dan protein

    Dalam pembuatannya, roti tawar putih menggunakan "enriched flour" alias tepung yang telah diperkaya vitamin B dan zat besi. Tetapi, di sisi lain kandungan vitamin dan zat besi ini tidak didukung serat dan protein yang cukup karena telah hancur saat tepung dalam proses pembuatan.

    Roti tawar putih meningkatkan gula darah

    Untuk penderita diabetes, tentunya sangat tidak disarankan mengkonsumsi roti tawar putih. Seratnya yang rendah membuatnya susah dicerna dan diserap oleh tubuh. Hal ini akan memicu meningkatnya gula darah dalam tubuh begitu cepat.

    Karena meningkatkan gula darah, hati-hati risiko terkena diabetes tipe 2

    Gula darah yang meningkat akan melepaskan kelebihan insulin ke dalam aliran darah. Akibatnya gula akan terdorong ke dalam sel-sel tubuh. Jika ini terjadi terus-menerus akibatnya sel menjadi kebal dan tubuh akan kesulitan mengontrol glukosanya.t

    Roti tawar putih memicu risiko kegemukan

    Setelah mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi seperti roti tawar putih, gula darah tubuh akan berlebih. Apalagi jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik atau olahraga. Kelebihan karbohidrat akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Kenyang sih, tapi gak mau 'kan jadi kegemukan?

Ketimbang roti tawar putih, ahli gizi menyarankan konsumsi roti tawar gandum yang lebih kaya serat. Memang bagi yang belum terbiasa, roti tawar gandum akan terasa lebih seret di tenggorokan dan tidak terlalu gurih. Tetapi justru lebih sehat. Semoga informasi ini berguna untuk kamu yang ingin mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat ya.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading