Sukses

Beauty

5 Cara Mudah & Murah Mencegah Penyakit Jantung

Serangan jantung merupakan salah satu penyakit paling berbahaya di dunia. Serangan jantung juga merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang kapan saja dan dimana saja. Lebih parahnya lagi, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang gejalanya tak bisa ditebak atau dirasakan dengan mudah begitu saja.

Mengingat bahwa penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya, disarankan agar kita selalu melakukan pencegahan agar tidak terkena risiko jantung. Dikutip dari laman prevention.com, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah jantung. Pencegahan ini bahkan bisa dilakukan dengan mudah dan murah oleh setiap orang. Apa saja pencegahannya? Simak baik-baik yang berikut ini.

    Sikat Gigi Teratur

    Hal pertama yang sangat mudah dan murah untuk dilakukan demi mencegah jantung adalah sikat gigi atau membersihkan gigi dengan teratur. Para ahli mengungkapkan bahwa gigi yang bersih bisa menjamin seseorang memiliki tubuh yang sehat serta terhindar dari berbagai risiko penyakit mematikan termasuk jantung, kanker serta diabetes.

    Konsumsi Gandum

    Untuk hal kedua yang bisa dilakukan untuk mencegah jantung adalah konsumsi gandum. Dr Sarah Schenker, seorang ahli kesehatan jantung mengatakan bahwa gandum adalah salah satu makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin penurun kolesterol dan makanan yang membantu seseorang menurunkan risiko serangan jantung.

    Hindari Menunda Buang Air Kecil

    Sebuah studi yang dilakukan oleh beberapa ahli kesehatan jantung ditemukan bahwa salah satu cara untuk mencegah risiko jantung adalah dengan segera buang air kecil jika kita ingin buang air kecil. Menunda buang air kecil sangat berisiko menyebabkan risiko jantung, gagal ginjal hingga organ intim bermasalah.

    Jangan Terlalu Lama Duduk

    Untuk cara pencegahan selanjutnya adalah jangan terlalu duduk. Para peneliti mengungkapkan bahwa duduk selama 8 jam sehari akan meningkatkan risiko jantung, kanker serta diabetes mencapai 40 persen. Peneliti menyarankan agar kita tidak duduk lebih dari 4 jam setiap harinya. Kalau pun memang pekerjaan kita mengharuskan kita duduk selama 4 jam, usahakan sesekali berdiri dan menggerakkan tubuh di sela-sela aktivitas duduk tersebut.

    Jalan Kaki Selama 30 Menit

    Untuk memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari risiko jantung, usahakan untuk melakukan olahraga dengan rutin. Olahraga yang bisa kamu lakukan tak perlu olahraga berat. Kamu hanya perlu jalan kaki setiap hari kurang lebih selama 30 menit. Jalan kaki adalah olahraga termurah dan termudah yang bisa membuat tubuh kita selalu sehat. Jalan kaki di pagi atau sore hari dan di taman atau tempat terbuka juga akan membuat pikiran menjadi lebih nyaman, senang lagi bahagia.


Ladies, itulah sedikit lima cara mudah dan murah untuk mencegah risiko serangan jantung. Oh iya, selain hal di atas, hal lain yang juga bisa kamu lakukan untuk mencegah jantung adalah dengan konsumsi kacang-kacangan setiap harinya, rutin cek tekanan darah, hindari konsumsi minyak jenuh lebih dari 20 gram setiap harinya dan hindari minuman berkafein, beralkohol maupun kebiasaan konsumsi zat nikotin. Semoga, tips ini bermanfaat dan kita semua bisa terhindar dari risiko jantung.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading