Sukses

Beauty

Nyeri Migrain Keterlaluan? Cara Diet Ini Bisa Menyembuhkan

Melakukan diet dan mengatur pola makan sehat bisa memberi banyak pengaruh positif, bukan hanya menurunkan berat badan. Kabarnya, diet juga bisa menyembuhkan migrain yang kamu derita lho.
Bagaimana bisa diet dan migrain bisa berhubungan?

Jika ada makanan yang bisa memicu migrain seperti misalnya makanan kaya lemak, kemungkinan ada pula makanan-makanan yang bisa menyingkirkan migrain. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Headache and Pain berusaha menentukan apakah diet vegan rendah lemak mampu mengurangi serangan migrain.

Dalam penelitian ini, 42 partisipan dengan keluhan migrain secara acak dibagi menjadi dua kelompok, yaitu

1. Kelompok dengan perubahan diet, di mana mereka harus menghindari makanan berlemak (diet vegetarian rendah lemak) selama 4 minggu, diikuti 12 minggu menghindari makanan pemicu migrain.

2. Kelompok peminum suplemen, di mana partisipan tidak menghindari makanan tertentu, namun sebagai gantinya mengonsumsi suplemen omega-3 dan vitamin E.

Diet vegan rendah lemak sendiri mengharuskan orang menghindari konsumsi produk hewani mulai dari daging, ikan, susu, telur, hingga madu. Selama 12 minggu kemudian, makanan pemicu migrain dihilangkan seperti misalnya kopi, teh, alkohol, cokelat, gula, kacang-kacangan, beberapa jenis sayuran, buah-buahan dan biji-bijian juga dikurangi. Beberapa di antaranya seperti jagung, pisang, kedelai, ubi, singkong bawang putih, tomat dan sebagainya.

Hasilnya, kelompok dengan perubahan diet mengalami penurunan serangan migrain yang parah, migrain berkurang nyerinya dibanding kelompok suplemen. Melakukan diet vegan rendah lemak dan menghindari makanan pemicu dan penyebab migrain memang mampu mengurangi nyeri saat migrain datang karena beberapa makanan yang dihindari mengurangi efek inflamasi dalam syaraf dan pembuluh darah.

Jika kamu punya masalah migrain cara diet di atas juga bisa dilakukan, namun pastikan juga tetap menyesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh dan bicarakan dengan dokter untuk saran yang lebih tepat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading