Sukses

Beauty

5 Makanan yang Masih Aman Dikonsumsi Meski Sudah Kadaluwarsa

Kamu mungkin menyimpan banyak bahan makanan di rumah hingga bingung kapan harus menandai tanggal kadaluwarsanya. Kamu bahkan mungkin sering menemukan beberapa makanan yang sudah kadaluwarsa di lemari makanan atau di kulkas dan segera membuangnya.

Meski sayang dibuang, tapi kamu tahu bahwa makanan kadaluwarsa jelas tak layak makan lagi. Eits, tunggu dulu. Karena ternyata ada beberapa makanan yang masih bisa dimakan lho meski sudah lewat tanggal kadaluwarsa. Dikutip dari Cleveland Clinic dalam website health.clevelandclinic.org, mengatakan bahwa beberapa makanan ini masih bisa dikonsumsi segera setelah lewat tanggal kadaluwarsanya. Ini beberapa di antaranya.

1. Susu

Susu cair atau kental manis kemasan ternyata masih aman dikonsumsi meski sudah 2-3 hari lewat tanggal kadaluwarsa. Simpan di bagian paling belakang kulkas yang biasanya suhunya paling dingin.

2. Mentega dan margarin

Mentega dan margarin adalah minyak (di mana bakteri sulit berkembang), dan sebenarnya tak masalah masih digunakan meski sudah lewat masa kadaluwarsanya, karena umumnya tak akan mengubah rasa, tekstur, dan bau. Bisa digunakan hingga 2-3 minggu setelah kadaluwarsa.

3. Telur

Jika kamu membeli yang kemasan kardus, biasanya ada tanggal kadaluwarsa. Tapi tak masalah, karena kamu masih bisa mengolah telur tersebut 3-5 minggu setelah lewat kadaluwarsa. Mungkin kamu tak akan menemukan tanggal kadaluwarsa jika beli telur di pasar. Tapi kamu tak masalah kan memasaknya.

 

4. Pasta

Meski sudah kadaluwarsa, tapi pasta kering masih bisa dimasak bahkan hingga 1-2 tahun, asal tidak berjamur atau dimakan berkutu. Simpan di tempat kering dan sejuk.

 

5. Daging olahan

Makanan seperti sosis, kornet, bakso kemasan, tempura dan lain sebagainya yang termasuk daging olahan masih aman dimakan 2-4 minggu setelah kadaluwarsa asal kemasannya belum dibuka.

Jadi, jangan keburu dibuang dulu jika makanan di atas baru lewat 1 hari kadaluarsanya, karena ternyata masih bisa kamu makan lho. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading