Sukses

Beauty

Bahaya, Sering Makan Makanan Manis Bikin Otak Sakit & Rusak!

Gula mungkin memang dibutuhkan tubuh karena mengandung karbohidrat yang mudah diubah jadi energi. Bagaimana pun kamu juga pasti tak akan bisa hidup dengan menghindari makanan manis, karena makanan manis mudah sekali didapat.

Tapi kamu juga pasti sudah tahu bahwa gula bisa menyebabkan penyakit, salah satunya yang parah adalah diabetes. Tapi bukan hanya reaksi negatif ini saja yang bisa dilakukan gula, ternyata gula juga menyakiti otak kamu.

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa mengonsumsi fruktosa dosis tinggi (berasal dari gula tambahan) bisa merusak hingga 940 gen otak. Para peneliti secara spesifik mengkaji bagaimana makanan bisa mempengaruhi gen tubuh. Di sini kamu jadi tahu makanan apa yang baik atau buruk pengaruhnya terhadap tubuh.

Dalam penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa gula-gula tambahan bisa merusak 734 gen dalam hipotalamus dan 206 gen hipokampus. Kedua bagian otak ini memegang peranan penting menjalankan fungsi organ tubuh, metabolisme, inflamasi, dan fungsi otak keseluruhan.

Menurut The Health and Sciences Academy, adanya perubahan atau kerusakan kecil dalam otak bisa jadi berpengaruh terhadap resistensi tubuh terhadap penyakit. Manusia jadi lebih rentan depresi, mengalami sindrom metabolisme, terserang parkinson dan bahkan bipolar disorder.

Tapi kamu bisa mengembalikan kerusakan gen karena gula dengan mengonsumsi DHA asam lemak omega-3. Meski begitu bukan berarti kamu harus menghindari gula. Gula yang bisa kamu konsumsi seperti pada buah dan sayur. Yuk lebih sehat memilih manakan manis setiap hari.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading