Sukses

Beauty

Bahaya Alergi! Kacang Mede Beracun Jika Tak Dimasak Hingga Matang

Ada banyak jenis kacang-kacangan yang kaya nutrisi dan sehat dimakan. Tapi ada beberapa hal juga yang perlu kamu tahu bahwa beberapa kacang juga punya aturan main sendiri sebelum bisa dimakan, misalnya saja kacang mede atau kacang jambu monyet.

Kacang mede memang tumbuh jadi satu dengan buah jambu monyet dan biasanya sebelum dipasarkan, kacang ini akan dipisahkan dari buahnya dan dikeringkan. Kacang mede memang tak bisa dimakan jika tidak dioven atau dimasak dengan benar karena memiliki racun.

Wah, bahaya kan? Kacang mede mentah punya kandungan urushiol, senyawa penyebab gatal-gatal. Jika terkena kulit maka akan muncul bentol-bentol seperti biduran. Jika banyak kadar urushiol yang masuk ke tubuh, akibatnya bisa fatal.

Orang-orang yang sensitif terhadap alergi akan menunjukkan gejala gatal-gatal biduran ini karena makan kacang mede yang belum matang benar. Dan reaksinya tak akan hilang hanya dalam sehari, butuh paling tidak 3 hari untuk menghilangkan gatal-gatal biduran karena keracunan kacang mede ini.

Cara satu-satunya untuk menghilangkan racun ini adalah dengan mengolahnya dengan benar. Jika dioven atau digoreng, pastikan kamu menggoreng kacang mede hingga matang kecokelatan dan renyah bagian dalamnya agar racun hilang. Jadi, hati-hati mengolah kacang mede ya, jika tidak matang benar, bisa-bisa kamu malah keracunan dan menyebabkan alergi gatal-gatal.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading