Sukses

Beauty

Kapan Waktu Terbaik Makan Buah? Jawabannya Mengejutkan!

Benar memang kalau makan buah sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tubuh kita membutuhkan 3-4 porsi buah setiap harinya, atau sekitar 350 gram buah per hari. Hanya saja yang jarang kita ketahui adalah kapan waktu yang tepat untuk makan buah-buahan.

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari buah yang kita konsumsi, penting sekali untuk mengetahui waktu yang benar-benar tepat untuk memakannya. Dilansir dari lifehack.org, karena kandungan fruktosa yang tinggi, buah sebaiknya dimakan pada pagi hari. Selengkapnya, yuk ikuti uraiannya di bawah ini.

Buah Sebaiknya Dikonsumsi Saat Pagi Hari
Kenapa harus pagi hari? Karena kalau makan buah di malam hari, kadar gulanya yang cukup tinggi bisa merusak kualitas tidur kita. BUah sangat mudah dicerna dan nutrisinya gampang dipecah oleh sistem pencernaan tubuh. Jadi sebaiknya memang dikonsumsi saat tubuh kita belum membutuhkan banyak energi, seperti di pagi hari atau sebelum makan siang.

Setelah makan buah, tunggu 1-2 jam baru setelah itu bisa lanjut menikmati makan besar. Dengan cara ini, tubuh bisa tercegah dari kembung dan saluran cerna bisa kembali bersih untuk kemudian siap menerima makanan yang masuk selanjutnya.


Hindari Mengonsumsi Buah dengan Makanan Lain
Baiknya sangat makan buah, jangan dibarengi dengan makanan lain. Kalau pun makan salad buah, jangan terlalu banyak menambahkan bahan non-buah. Bagaimana dengan smoothies? Well, boleh saja menggunakan susu, santan, atau tambahan sayuran lainnya. Hanya saja sebisa mungkin hindari mengonsumsinya bersamaan dengan makanan besar lainnya.

Selain itu, tak perlu selalu menggunakan susu untuk bahan smoothie. Sesekali bisa diganti dengan air biasa untuk menjaga kesehatan saluran pencernaanmu.

Manfaat Makan Buah di Pagi Hari
Makan buah pagi hari, kita bisa mendapat cukup energi dan nutrisi untuk bekal beraktivitas seharian. Dengan begitu, mood pun bisa lebih terjaga dan bisa membuat kita bisa lebih mudah berpikir jernih saat membuat keputusan atau bekerja.

Kabar baiknya lagi, nih makan buah di pagi hari bisa bantu proses penurunan berat badan. Buah kaya akan nutrisi, serat, dan karbohidrat sehat untuk membuat tubuh terasa lebih bugar.

Setiap jenis buah memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Sebagian besar mengandung vitamin C. Buah alpukat misalnya mengandung vitamin K, B5, B6, dan E juga kalium, folat, dan banyak lagi. Sementara buah pisang mengandung banyak sekali kalium yang bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan stroke. Kalau buah pepaya, ia mengandung papain yang baik untuk sistem pencernaan tubuh.

Kesimpulannya, cobalah untuk konsumsi buah di pagi hari dan jangan dikonsumsi bersamaan dengan makanan besar. Semoga info ini bermanfaat, Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading