Sukses

Beauty

Tetap Sehat Selama Puasa, Ini Perlu Dilakukan Penderita Diabetes

Dari banyak penyakit mematikan dan berbahaya di dunia, penyakit diabetes menjadi salah satu penyakit yang begitu ditakuti. Lebih parahnya lagi, diabetes merupakan salah satu penyakit keturunan yang bisa berisiko sangat besar terhadap mereka yang memiliki riwayat diabetes di keluarganya. Penyakit diabetes juga merupakan salah satu penyakit yang akan sangat mudah kambuh ketika penderitanya salah konsumsi minuman atau makanan. Tak hati-hati sedikit saja dalam memilih menu makanan, hal ini risikonya sangat besar.

Berbicara mengenai penyakit diabetes, dikutip dari laman emirates247.com, saat puasa seperti sekarang ini risiko kambuhnya diabetes akan terjadi lebih mudah dan lebih cepat. Apalagi, jika penderita diabetes yang sedang menjalankan ibadah puasa tidak berhati-hati dalam memilih makanan berbuka juga sahur setiap harinya.

Diabetes bukan halangan untuk tetap beribadah puasa di bulan Ramadan | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Selama berpuasa, para penderita diabetes sangat disarankan untuk selalu mengontrol gula darahnya setiap hari dan mengkonsultasikan kesehatannya dengan dokter ahli diabetes. Kalau tidak, hal ini bisa memicu risiko diabetes akan lebih mudah kambuh saat menjalankan ibadah puasa. Ditambah, saat puasa biasanya seseorang cenderung memilih makanan manis untuk mengawali aktivitas berbuka puasa. Mengingat diabetes juga merupakan salah satu penyakit yang juga meningkatkan risiko penyakit komplikasi, Dr. Mohammad Hassaenein, konsultan endokrinologi di Rumah Sakit Dubai mengungkapkan bahwa penderita diabetes harus selalu hati-hati dan waspada dalam menjaga kesehatan selama puasa.

Menurut dokter Hassaenein, agar selalu sehat selama puasa, penderita diabetes disarankan untuk menjaga pola makan selama puasa. Penderita diabetes disarankan untuk fokus pada diet makanan kaya serat dan protein, mengurangi konsumsi makanan kaya glukosa dan kafein, disarankan untuk istirahat cukup, memperbanyak minum air putih untuk menjaga jumlah cairan dalam tubuh dan menghindari segala aktivitas yang memicu stres dan depresi berat.

Sementara itu, Dr Jalal Nafash seorang konsultan endokrinologi di Dubai Diabetes Center mengatakan jika penderita diabetes sebaiknya tidak melakukan olahraga berat selama puasa. Ditakutkan, olahraga justru akan menurunkan jumlah cairan dalam tubuh dan meningkatkan glukosa dalam tubuh yang berdampak buruk buat kesehatan. Sebagai ganti olahraga, salat tarawih menurut Dr Jalal sudah mewakilinya.

Ketika kamu atau saudara ada yang menderita diabetes, usahakan untuk tetap mengontrol kesehatan setiap harinya dan pastikan untuk konsultasikan kesehatan dengan dokter ahli diabetes. Pastikan pula bahwa puasa bukan halangan untuk memiliki hidup yang lebih sehat dan bugar. Bagi kamu yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa, selamat menjalankan ibadah puasa dan semangat selalu.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading