Sukses

Beauty

Suka Makan Cabe Rawit Hijau? Kamu Nggak Butuh Suplemen Kesehatan

Buat sebagai orang Indonesia, makan gorengan tanpa cabe rawit hijau rasanya bagai seperti datang ke kondangan tanpa bawa gandengan. Kurang lengkap euy! Apalagi kalau makan ayam goreng, ikan goreng atau tempe goreng dengan nasi, tanpa sambal. Mana enak?

Nah, selain meningkatkan selera makan dan membuat rasa makanan jadi lebih enak, ternyata cabe rawit hijau juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh lho. Kok bisa? Ini penjelasan dari healthyeating.sfgate.com:

    Vitamin A

    1/2 cangkir atau sekitar 75 gram cabe rawit hijau mengandung sekitar 884 unit vitamin A. Jumlah ini mencukupi sekitar 30 persen kebutuhan harian vitamin A pada pria dewasa atau sekitar 38 persen kebutuhan harian vitamin A pada wanita dewasa. Manfaat vitamin A adalah untuk mempertajam penglihatan dan mendukung daya tahan tubuh. Wah, menyehatkan banget ya!

    Vitamin C

    Selain vitamin A, cabe rawit hijau juga mengandung vitamin C yang tinggi lho. Pada setiap 1/2 cangkir cabe rawit hijau (181,9 mg) dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin C sebanyak lebih dari 100 persen! Wow! Vitamin C berfungsi untuk memproduksi kolagen yang berguna untuk menyembuhkan luka, serta memperkuat tulang. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam vitamin C yang ada dalam cabe rawit hijau ini mencegah radikal bebas yang dapat merusak DNA.

    Capsaicin

    Semakin pedas cabe, semakin tinggi kadar capsaicinnya. Skala  Scoville Heats Unit, yang mengukur kadar kepedasan dan capsaicin dalam cabe di seluruh dunia, menempatkan cabe rawit hijau pada angka 50 hingga 2.500 SHU. Sedangkan angka tertinggi skala SHU adalah 15.000.000. Cukup tinggi bukan? Capsaicin untuk tubuh berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Meski baru prediksi dan diperlukan penelitian lebih lanjut, tapi kabar ini menggembirakan bagi pecinta makanan pedas.

Agar tidak kehilangan manfaatnya, kamu juga perlu tahu bagaimana menyimpan cabe rawit hijau yang benar. Jika membeli cabe rawit hijau yang masih segar, simpan di tempat yang sejuk dan gelap dalam jangka waktu 3-4 hari untuk menjaga kualitasnya. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya, Spicy Chilli Lovers!



(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading