Sukses

Beauty

Dari Sisi Ilmiah, Makan Pakai Jari Tangan Lebih Menyehatkan

Di masyarakat, masih ada pandangan bahwa makan dengan menggunakan jari tangan alih-alih sendok dan garpu dianggap sebagai sesuatu yang primitif. Padahal ternyata makan dengan jari-jari tangan itu lebih menyehatkan. Selain itu, buat kamu yang muslim mungkin pernah mendengar sunnah terkait makan dengan menggunakan jari tangan.

Dari Ka’ab bin Malik dari ayahnya ia mengatakan, “Rasulullah SAW itu makan dengan menggunakan tiga jari dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan.” (HR. Muslim No. 2032 dan lainnya)

- Sumber: arrahmah.com

Nah, nabi saja mencontohkan makan dengan jari tangan. Dan ternyata hal itu juga ada sisi positifnya dari segi ilmiah. Seperti yang dilansir oleh healthierwayoflife.com dalam artikel yang berjudul Eating With Your Fingers Is Way More Healthier!, ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa didapat kalau kita makan dengan menggunakan jari-jari tangan. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini.

Mencegah Penyakit Diabetes Tipe 2

Seseorang yang makan terlalu cepat berisiko tinggi terkena penyakit diabetes tipe 2. Sementara itu, makan dengan menggunakan sendok garpu umumnya lebih cepat dibandingkan makan dengan jari tangan. Biasanya kan kalau makan dengan jari tangan, kita hanya bisa mengambil atau menyuap makanan dengan jumlah yang cukup sedikit. Sehingga dengan begitu, makan dengan jari tangan bisa membuat kita makan dengan lebih perlahan dan terhindar dari risiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Baik untuk Kinerja Sistem Pencernaan

Sebelum makan dengan jari tangan, penting sekali untuk mencuci tangan dengan sabun. Dengan cara ini, bakteri jahat bisa dibasmi sementara bakteri baik masih ada di tangan dan bisa cukup menyehatkan saat terkonsumsi dan masuk ke dalam tubuh. Tak hanya itu saja, makan dengan jari akan membantu otak menerima sinyal soal makanan yang kita makanan. Apakah makanan yang akan kita konsumsi itu panas, dingin, padat, atau lembut, sehingga sistem pencernaan akan lebih bisa mempersiapkan dirinya untuk mencerna makanan itu.

Mencegah Rakus

Ingin punya tubuh langsing? Atau mau menjaga berat badan yang ideal? Mulailah dengan membiasakan diri makan dengan jari tangan. Cara ini diyakini bisa bantu mencegah rakus atau kekenyangan. Kenapa? Karena saat makan dengan jari tangan, kita fokus pada setiap suapan yang kita ambil dan makan. Dan bisa sangat memudahkan untuk mengetahui kapan saat sudah benar-benar kenyang dan berhenti makan.

Sangat dianjurkan memang untuk makan dengan menggunakan jari tangan. Namun, memang ada kalanya kita juga harus menyesuiakannya dengan jenis makanan yang akan kita makan.

Semoga info ini bermanfaat, Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading