Sukses

Beauty

Serangan Jantung, Kenali Gejalanya dan Ini Pertolongan Pertamanya

Serangan jantung bisa datang tiba-tiba dan menyebabkan kematian seketika. Hal ini jelas sangat menakutkan, ya Ladies. Tak terbayangkan jika saat kita sedang melakukan sebuah aktivitas, mendadak kita mengalami serangan jantung.

Gejala-gejala serangan jantung ini sebenarnya bisa dideteksi. Seperti yang dilansir oleh today.com, gejala umum serangan jantung meliputi rasa sakit atau tidak nyaman di area dada, sakit di area tubuh dari pinggang ke atas, rasa nyeri atau tak nyaman di area lengan, punggung, leher, rahang, atau perut bagian atas. Selain itu gejalanya juga bisa meliputi napas yang pendek-pendek, mual, dan keluar keringat dingin.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), setiap tahunnya ada sekitar 735 ribu orang Amerika yang terkena serangan jantung. Seseorang yang terkena serangan jantung harus segera ditangani secepatnya. Semakin cepat semakin baik.

Pertolongan pertama saat merasakan gejala serangan jantung adalah segera pergi ke rumah sakit. Setidaknya jangan lebih dari satu jam setelah mengalami gejalanya. Di rumah sakit nanti, dokter punya waktu kurang dari 90 menit untuk mengembalikan aliran darah mengalir ke jantung. Semakin lambat penanganannya semakin banyak otot jantung yang tak berfungsi.

Penanganan gejala serangan jantung memang harus segera diserahkan pada dokter atau ahlinya. Jangan sampai kita terlambat mengenali gejalanya dan tak mendapatkan penanganan yang tepat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading