Sukses

Beauty

Ayo Cari Tahu Kesehatan Ususmu Lewat Bentuk Kotoran Ladies

Beberapa orang mungkin akan jijik dengan pembahasan soal BAB atau kotoran, namun sebenarnya ini sangat penting Ladies. Mengetahui apa yang kamu keluarkan sangat penting untuk tahu apakah tubuhmu sehat atau tidak. Bentuk kotoran ternyata bisa jadi indikasi kesehatan tubuhmu lho.

Sama seperti warna air seni, bentuk kotoran juga bisa jadi tanda kamu sedang dalam kondisi sehat atau tidak. Ada Bristol Stool Chart yang merupakan skala bantuan medis yang dirancang untuk mengklasifikasikan bentuk kotoran manusia. Dilansir oleh wikipedia.com, skala ini digunakan untuk mengevaluasi berbagai masalah pada usus atau pencernaan. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya agar kamu lebih tahu soal kondisi ususmu Ladies.
Foto: copyright wikipedia.com

  • Tipe 1 : Kotoran bertekstur keras dan kecil mirip kacang serta sulit dikeluarkan. Biasanya bentuk ini terjadi pada penderita sembelit yang sudah parah.
  • Tipe 2 : Bentuk mirip sosis tapi menggumpal dengan permukaan bergelombang tidak rata. Bentuk kotoran seperti ini dapat menyebabkan ambeien. Ini juga jadi sinyal konstipasi.
  • Tipe 3 : Bentuk kotoran seperti sosis dengan permukaan seperti retakan. Bentuk ini dikatakan dalam bentuk normal walaupun ada indikasi konstipasi.
  • Tipe 4 : Tekstur lembut dan halus seperti sosis. Bentuk inilah yang menjadi tanda bahwa usus dalam keadaan sehat dan tidak mengalami konstipasi.
  • Tipe 5 : Bentuknya mirip gumpalan dan halus, mudah dikeluarkan. Merupakan gejala awal diare.
  • Tipe 6 : Bentuk mirip cairan dan sangat mudah dikeluarkan, ini tanda bahwa seseorang mengalami diare.
  • Tipe 7 : Tidak ada bentuk sama sekali, hanya cairan. Ini adalah tanda seseorang mengalami diare yang parah.


Itu tadi tujuh tipe bentuk kotoran untuk mengetahui usus dalam keadaan sehat atau tidak. Dengan pengetahuan ini diharapkan kamu bisa melakukan tindakan preventif untuk kesehatan tubuh agar tak sampai terjadi konstipasi atau bahkan diare. Semoga informasi ini bermanfaat ya Ladies.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading