Sukses

Beauty

Ternyata Wanita Lebih Mudah Sakit Dibanding Pria, Alasannya...

Sakit merupakan salah satu hal yang bisa menyerang siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Tapi tahukah kamu, ternyata wanita lebih mudah dan rentan mengalami sakit jika dibandingkan dengan pria lho. Dikutip dari laman dailymail.co.uk, para ahli menemukan bahwa wanita memiliki risiko lebih besar untuk sakit jika dibandingkan dengan pria.

Temuan ini bahkan diperkuat dengan penelitian yang dilakukan pada beberapa wanita di Amerika Serikat. Dari beberapa ribu wanita yang diteliti, para ahli menemukan bahwa setidaknya ada 81 persen wanita yang mengalami sakit kepala dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Sementara untuk pria, hanya 68 persen pria yang merasakan sakit yang sama.

Studi lain juga menemukan bahwa hampir 57 persen wanita merasakan sakit punggung. Untuk pria, hanya 50 persen saja yang merasakan sakit punggung. Tak hanya sakit kepala dan punggung,  studi juga menyebutkan bahwa wanita rentan terhadap sakit lain. Dalam kurun waktu satu tahun terakhir 34 persen wanita menderita beberapa jenis penyakit. Sementara untuk pria, persentasenya hanya sebesar 27 persen saja.

Jack Duckett, konsumen dari Lifestyles Analyst di Mintel mengungkapkan jika wanita adalah sosok pribadi yang lebih rentan menderita berbagai masalah kesehatan jika dibandingkan dengan pria. Wanita juga menjadi sosok yang mudah mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.

Kenapa wanita lebih mudah sakit ini terjadi tentu bukan tanpa alasan. Jack Duckett mengungkapkan jika aktivitas wanita di rumah yang padat sekaligus perannya sebagai ibu rumah tangga membuatnya bekerja lebih giat jika dibandingkan dengan para pria. Banyak yang tidak menyadari atau memang tidak mengakui, sebenarnya pekerjaan mengurus rumah dan mengasuh anak yang dilakukan wanita tidak semudah yang dilihat dan tidak mudah. Pekerjaan ini bahkan bisa dikatakan mampu menguras tenaga dan membuat wanita rentan mengalami penurunan sistem imun tubuh, kelelahan juga rentan sakit.

Duckett mengatakan, "Wanita memiliki tanggung jawab besar untuk mengurus rumah dan mengasuh anak. Tanggung jawab yang besar dan aktivitas yang padat inilah yang nantinya membuat wanita lebih mudah dan berisiko sakit. Ketika wanita sakit, sering kali ia mengabaikan hal itu dan tak bisa mengantisipasinya dengan perasaan tenang seperti halnya yang dilakukan para pria. Meski wanita akan segera pulih dari sakit dengan beristirahat dan minum obat, kebanyakan wanita tak pernah bisa melakukan istirahat dengan tenang mengingat tanggung jawabnya mengurus keluarganya sangat besar."

Gimana, sekarang jadi lebih tahu kan kenapa wanita lebih mudah sakit? Oh iya, agar aktivitas di rumah tidak membuat wanita khususnya yang telah bersuami dan memiliki buah hati menjadi sangat kelelahan apalagi sampai sakit, sangat disarankan agar pekerjaan rumah diselesaikan bersama pasangan. Sangat disarankan pula agar baik suami maupun istri sama-sama mengurus rumah dan mengasuh anak dan saling meringankan pekerjaan pasangan.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading