Sukses

Parenting

Ternyata, Anak Yang Lahir Dari Ibu Usia Tua Lebih Sehat & Pintar

Meskipun wanita dengan usia tua menghadapi risiko lebih besar mengalami masalah kesehatan saat hamil, namun ada hal lain yang menjadi kelebihan jika kamu hamil di usia 30 tahun ke atas. Sebuah penelitian menemukan bahwa anak-anak yang terlahir dari ibu dengan usia tua ternyata lebih baik dalam beberapa faktor.

Para peneliti menggunakan data lebih dari 1,5 juta orang dewasa di Swedia dan menemukan bahwa mereka yang terlahir dari ibu-ibu yang hamil di usia akhir 30 tahun hingga 40 tahun-an cenderung punya tubuh lebih tinggi, lebih sehat dan lebih cerdas dari kebanyakan anak yang lahir dari ibu muda.

Hasil penelitian didapat dari data kelahiran orang antara tahun 1960 hingga 1991. Secara umum, mereka menemukan bahwa orang-orang dewasa yang terlahir dari ibu dengan usia tua cenderung punya nilai tinggi di sekolah dibanding mereka yang lahir dari ibu dengan usia di bawah 30 tahun.

 

Bahkan beberapa data menunjukkan bahwa laki-laki yang lahir dari ibu usia tua punya tubuh lebih tinggi dan lebih sehat. Namun tentu saja bukan berarti hal ini jadi jaminan bahwa anak akan lebih unggul dibanding anak yang lahir dari ibu muda.

 

Pilihan untuk hamil bagi setiap wanita memang berbeda-beda dan tentu saja ibu yang hamil di usia 40 tahun-an punya lebih banyak risiko kesehatan dibanding wanita yang hamil di usia 20 tahun-an. Beberapa hal juga berisiko besar untuk anak yang dikandung ibu dengan usia tua, seperti misalnya kondisi Down Syndrome, autisme dan beberapa gangguan lain.

Tentu hal ini tak bisa dijadikan standar untuk mengandung anak, karena semakin tua usia wanita semakin menurun kemungkinan untuk hamil, dan kemampuan untuk mempertahankan kehamilan juga lebih sulit. Wanita mengalami penurunan tingkat kesuburan secara drastis di usia 35 tahun.

Namun bagi kamu yang memang baru diberi kesempatan untuk bisa hamil di usia tua, jangan terlalu khawatir, karena kemungkinan anak kamu akan terlahir lebih cerdas dari anak biasanya. Tentu dengan tetap harus menjaga kesehatan ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading