Sukses

Beauty

Mengapa Harus Mandi Selama Ini? Ternyata Ini 7 Manfaat Rahasianya

Setiap orang pasti akan terbiasa mandi tanpa disuruh karena sejak kecil memang sudah dibiasakan mandi dua kali sehari. Kebanyakan orang hanya tahu bahwa mandi fungsinya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, namun tak banyak tahu bahwa ternyata ada banyak alasan dan manfaat lain di balik kebiasaan mandi.

Secara ilmiah, ternyata ada banyak manfaat mengejutkan yang kamu dapatkan jika mandi setiap hari, ini 10 di antaranya.

    Tingkatkan kesehatan jantung

    Mandi air hangat di kala tubuh lelah sangat membantu membuat detak jantung rileks. Mandi membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membuat pembuluh darah berfungsi lebih baik sehingga bisa menyeimbangkan tekanan darah.

    Melegakan pernafasan

    Mandi juga bisa melegakan hidung, dada dan paru-paru. Ini dipengaruhi oleh temperatur air yang digunakan. Ketika kamu mandi air hangat saat udara dingin, ini membantu meningkatkan asupan oksigen, membantu mengembalikan stamina dan kamu bisa bersantai. Mandi air dingin juga membantu meningkatkan fungsi pernafasan seperti misalnya meningkatkan kapasitas paru-paru, seperti ketika kamu berenang.

    Membuat otak, otot dan tulang rileks

    Kepala panas memang perlu didinginkan, meski memang tak terlihat merah atau terbakar, tapi kiasan ini benar adanya lho. Kepalamu akan lebih dingin dan mampu melepaskan rasa sakit serta nyeri ketika mandi dalam air dingin. Mandi membantu melepaskan stres pikiran, stres otot dan meningkatkan mood.

    Tingkatkan fungsi kesehatan pencernaan

    Mandi juga berpengaruh pada sistem pencernaan, mandi air hangat bisa meredakan rasa sakit karena wasir dan membantu mempercepat proses penyembuhan setelah operasi. Selain meningkatkan peredaran darah, mandi air hangat juga melancarkan pencernaan.

    Perkuat ketahanan tubuh dari penyakit

    Mandi secara umum akan membersihkan tubuh dari kotoran, keringat dan bakteri yang bersarang selama seharian. Secara otomatis, mandi menjaga tubuhmu terhindar dari serangan penyakit dari bakteri. Karena mandi membuatmu merasa santai dan segar sehingga tubuh melepaskan hormon bahagia, hal ini juga membantu meningkatkan imun tubuh.

    Menyeimbangkan hormon tubuh

    Kondisi semacam sindrom lelah kronis dan beberapa kondisi kesehatan lainnya yang menganjurkan mandi secara khusus akan membantu meredakan penderitaan pasien. Mandi akan membantu melepaskan hormon beta endorfin, serotonin dan hormon menenangkan lainnya sehingga kamu tak merasa stres.

    Meningkatkan temperatur tubuh dan menjaga kelembaban

    Secara langsung, mandi bisa menurunkan temperatur tubuh yang terlalu hangat dan bisa menjaga kulit serta rambut tetap sehat dan bersih. Temperatur tubuhmu yang nyaman di dalam tubuh akan membantumu tidur lebih cepat dan nyenyak.

Itu dia manfaat tersembunyi yang dimiliki aktivitas bernama 'mandi'. Selama ini kamu mungkin hanya berpikir mandi untuk kebersihan saja, tapi ternyata ada banyak fungsi rahasia di baliknya. Jadi, jangan malas mandi ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading