Sukses

Beauty

Ingat... Menyikat Gigi Bisa Mencegah Risiko Kanker

Sejak kecil, kita selalu diajari untuk menyikat gigi secara teratur dan rutin setidaknya dua kali dalam sehari. Tak hanya agar gigi dan mulut selalu bersih dan segar, menyikat gigi ternyata juga bisa bantu kita terhindar dari beberapa kanker ganas. Misalnya saja kanker pankreas, kanker mulut dan kanker gusi.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, para ahli telah menemukan temuan baru mengenai manfaat sikat gigi. Para ahli menemukan bahwa menyikat gigi bisa mencegah risiko kanker pankreas yang sangat mematikan hingga 50 persen. Kenapa menyikat gigi bisa mencegah risiko kanker? Hal ini terjadi karena, menyikat gigi akan membuat gigi selalu bersih dan sehat. Sementara itu, jarang menyikat gigi memungkinkan seseorang untuk memiliki gigi berlubang, karang gigi dan gusi yang penuh dengan bakteri.

Ilmuwan dari New York University baru saja menemukan bahwa bakteri yang ada di gigi adalah bakteri yang selama ini meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh khususnya di pankreas. Ilmuwan ini mengungkapkan bahwa mereka yang memiliki gigi kotor, berlubang dan karang gigi akan berisiko menderita kanker ganas dua kali lebih besar beberapa dekade nanti.

Menyikat gigi bikin gigi makin sehat serta mencegah risiko kanker | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Sementara itu, ilmuwan yang tergabung dalam American Association for Cancer Research di New Orleans menemukan bahwa orang-orang yang rajin menyikat gigi dan memiliki gigi serta gusi bersih memiliki kesehatan yang lebih maksimal. Orang-orang ini juga memiliki risiko kanker yang lebih rendah. Temuan ini didapat dari penelitian yang dilakukan pada 732 orang di New York dalam satu dekade. Dari sampel yang diteliti, ditemukan bahwa mereka yang tidak bisa menjaga kesehatan gigi dengan baik lebih berisiko terkena kanker. Sementara mereka yang menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dengan baik kesehatannya terjaga dengan baik.

Tak hanya kanker pankreas, kebersihan yang tak terjaga dengan baik juga memungkinkan seseorang berisiko menderita kanker payudara, kanker hati dan serangan jantung. Dr Jiyoung Ahn mengatakan,

"Study kamu menemukan bahwa bakteri pada gigi adalah penyebab kanker. Bakteri ini berkaitan erat dengan kanker dalam tubuh. Semakin banyak bakteri yang terdapat di gigi akan menyebabkan seseorang semakin berisiko menderita kanker. Sementara seseorang yang rajin sikat gigi dan bakteri di gigi sedikit, ia akan lebih sehat dan jauh dari risiko kanker."


Ladies, mengingat akan pentingnya sikat gigi, pastikan untuk menyikat gigi dengan rajin dan teratur. Ingat, rajin menyikat gigi tak hanya membuat gigi sehat dan terjaga tetapi juga bisa bantu kamu terhindar dari risiko kanker. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa sikat gigi secara teratur dan rutin ya?



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading