Sukses

Beauty

Meski Lagi Ngetrend, Bolehkah Memakai Krayon Untuk DIY Lipstik?

Ladies, dunia kosmetik memang nggak henti-hentinya membuat kita ngiler. Aneka jenis lipstick pun silih berganti menggoda kita untuk membelinya. Mulai dari matte lipstick, liquid lipstick, nude lipstick hingga tren vampy lipstick.

Menyiasati godaan membeli lipstik aneka warna, kini banyak beauty vloggers yang mencoba berkreasi membuat lipstik sendiri atau DIY lipstick dari bahan krayon. Tutorial-tutorial membuat lipstik dari bahan krayon ini sangat mudah ditemui di video-video Youtube. Membuatnya pun gampang. Umumnya hanya memerlukan bahan petroleum jelly, krayon non-toxic dan essense vanilla sebagai penambah aroma.

Namun, tahukah kamu, Ladies, populernya DIY lipstik dari krayon ini ternyata mendapat tanggapan yang kurang baik dari netizen. Perusahaan pembuat krayon ternama, Crayola, yang produknya sering digunakan untuk membuat DIY lipstik ini mengeluarkan pernyataan yang cukup serius. Dalam website resminya, mereka menjawab pertanyaan tentang penggunaan krayon sebagai bahan baku DIY lipstik:

"Apakah aman menggunakan krayon Crayola untuk membuat lipstik, eyeliner dan makeup sejenisnya?"

"Sebagai produsen produk yang digunakan anak-anak, keamanan merupakan prioritas utama Crayola. Meskipun produk kami tidak beracun, kami tidak merekomendasikan penggunaan produk kami untuk membuat eyeliner, lipstik atau makeup sejenis. Kami sangat tidak menyarankan penggunaannya dengan cara ini. Produk tersebut tidak pernah ditujukan untuk digunakan pada kulit atau wajah.

Pembuatan make up telah melewati pengujian spesifik dan ketat karena memang ditujukan untuk digunakan pada kulit. Produk pewarna kami memang tidak dimaksudkan untuk digunakan sebagai make up karena tidak pernah diuji dengan cara yang sama dengan yang dilakukan perusahaan kosmetik."


Pernyataan ini muncul karena begitu banyak anak-anak dan remaja yang tertarik membuat DIY lipstik dari krayon Crayola. Dengan harga krayon yang murah, bahan yang mudah didapatkan dan cara membuat yang gampang banget, para orang tua khawatir dampak penggunaannya pada kesehatan anak-anak mereka.

Yup, meskipun sedang tren di kalangan beauty vloggers, bukan berarti kita dapat menelan mentah-mentah saran-saran yang beredar di dunia maya ya, Ladies. Memang, dengan budget terbatas, tampaknya DIY lipstik dari krayon ini begitu menggoda. Tapi ingat, nggak cuma sayang uangnya, sayang kesehatannya juga. Semoga informasi ini berguna untukmu.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading