Sukses

Beauty

Sudah Tidur Cukup Tapi Kok Masih Capek? Mungkin Ini Penyebabnya

Rasa letih dan lelah kerap dialami orang-orang yang sehari-harinya sibuk bekerja. Karena kesibukan yang padat, tak jarang kita jadi tak bisa mendapat waktu tidur cukup 8 jam sehari. Tapi gimana kalau sudah tidur cukup, tapi badan masih terasa capek terus? Kira-kira kenapa, ya?

Ada banyak sebab kenapa tubuh bisa terus merasa lelah sementara kita sudah mendapat tidur yang cukup. Dilansir dari lifehack.org,kualitas tidur sangat menentukan kebugaran tubuh. Tapi kalau sudah tidur cukup tapi badan masih saja terasa capek, hm... bisa jadi penyebabnya adalah salah satu faktor di bawah ini.

Kurang Olahraga

Seharian kerja duduk di depan komputer dan kurang gerak? Ini bisa jadi penyebab kamu gampang lelah meski sudah tidur cukup. Kurang olahraga juga bisa jadi sebab kamu gampang letih. Mungkin kamu berpikir bukannya olahraga malah bikin capek? Tapi ternyata justru dengan olahraga, tubuh bisa terkondisikan dan kamu bisa mendapat kualitas tidur yang kamu butuhkan.

Dehidrasi

Berapa banyak air putih yang kamu minum dalam sehari? Karena otak kita 85 persennya mengandung air, maka penting untuk memastikan kebutuhan air tercukupi dengan baik. Jangan sampai dehidrasi, Ladies. Kalau kebutuhan air putih sudah tercukupi maka otak bisa bekerja lebih optimal dan tidur bisa lebih nyenyak.

Pola Makan yang Buruk

Coba cek lagi apakah kamu sudah mengonsumsi makanan yang seimbang? Atau jangan-jangan malah kebanyakan karbohidrat dan lemak? Agar bisa tidur lebih nyenyak dan tak terasa lelah lagi sesudahnya, cukupi kebutuhan akan serat dan batasi konsumsi gula jangan sampai berlebih.

Stres atau Depresi

Kadang kita tak menyadari kalau kita sedang stres atau depresi. Sadarnya baru ketika tubuh mulai terasa super lelah dan motivasinya jadi makin berkurang. Kalau akhir-akhir ini kamu sering emosional dan merasa bosan hilang semangat, bisa jadi kamu sedang dilanda stres. Hal itulah yang kemudian jadi penyebab tubuhmu gampang letih sekalipun sudah tidur cukup.

Gula Darah Tak Seimbang

Gula darah yang tak seimbang bisa menyebabkan energi tubuh menurun. Kadar gula darah ini bisa tak seimbang karena makanan yang kamu konsumsi. Misalnya, konsumsi makanan olahan atau instan berlebih bisa membuat gula darah meningkat tajam. Untuk menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh, penting untuk memperhatikan kandungan gula dari makanan yang kita konsumsi.

Selain sejumlah faktor di atas, ada satu faktor lagi yang mungkin jadi penyebab tubuhmu yang gampang lelah meski sudah tidur cukup, yaitu masalah kesehatan. Mungkin kamu punya masalah kesehatan atau penyakit tertentu yang jadi penyebab tubuhmu gampang letih sekalipun sudah tidur cukup. Ada baiknya memang untuk segera menghubungi dokter supaya tahu penyebab pastinya dan bisa ditangani lebih tepat, ya Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading