Sukses

Parenting

Awas, Saluran Air di Kolam Renang Dapat Menjadi Pembunuh Kejam

Mengajak anak-anak berlibur di hari Minggu, apalagi sambil berenang pasti menyenangkan sekali ya. Kegiatan berenang banyak dipilih keluarga untuk menghabiskan hari libur. Selain menyegarkan badan, berenang juga dapat melatih motorik si kecil agar lebih peka dan kuat.

Tetapi, jika Anda mengajak si kecil berenang (atau Anda sendiri yang berenang), sebaiknya waspada bahaya yang ada di sekitar. Terlepas dari jagonya kemampuan berenang seseorang, kecelakaan bisa menimpa siapa saja saat berada di kolam renang. Salah satu yang wajib diperhatikan adalah pool drains atau saluran air kolam renang.

Pada tahun 2007, Baker dan Karen Cohn kehilangan putra mereka yang baru berusia 6 tahun. Dilansir oleh abcnews.go.com, putra mereka sedang asyik berenang di kolam renang sebuah hotel ketika dengan begitu cepatnya saluran air kolam renang menarik putra kecilnya, menghisap dan sulit dilepaskan. Seketika itu juga sang putra meninggal di tempat.

Mungkin Anda bertanya-tanya, seberapa bahayanya sih saluran air yang ada di kolam renang?

Saluran air kolam renang memiliki daya hisap kuat yang sering kali disepelekan. Letaknya yang terkadang tak terlihat oleh mata awam, memiliki daya hisap yang cukup untuk menarik orang dewasa, apalagi anak-anak. Kontak yang terjadi antara kulit manusia dan saluran air dapat membuat hisapan yang setara dengan 100 pounds tekanan.

Problem yang selama ini mengintai adalah bentuk saluran air kolam renang yang terletak di dasar kolam, biasanya rata dengan permukaan lantai. Tanpa disadari, saat seseorang menginjaknya, hisapan kuat akan menarik tubuh seseorang (lebih buruk lagi, jika rambut yang terhisap).

Untuk para orang tua, inilah hal yang dapat Anda lakukan sebelum memutuskan masuk ke dalam kolam renang:

  1. Tanyakan pada manajemen hotel apakah mereka memiliki anti-entrapment drain cover atau pelindung saluran air. Jika mereka tidak punya atau tidak bisa menjawab pertanyaan Anda, kami sarankan untuk mencari kolam renang lainnya demi keselamatan.
  2. Jika Anda atau anak Anda memiliki rambut panjang, sebaiknya ikat rambut atau pakailah topi pelindung.
  3. Ajarkan pada seluruh anggota keluarga untuk menjauhi saluran air atau pipa-pipa lain yang ada di sekitar kolam renang.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat informasinya di video berikut ini:

Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat berguna dan menjadi pengingat bagi Anda dan keluarga. Stay safe!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading