Sukses

Beauty

Menurut Studi, Berkebun Bisa Cegah Alzheimer Hingga 50 Persen

Alzheimer atau pikun merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa berisiko pada siapa saja, Biasanya, mereka yang mengalami alzheimer adalah mereka yang sudah berusia lanjut dan tua. Namun nih ya, rupanya risiko alzheimer bisa dicegah lho. Dikutip dari laman prevention.com, beberapa kegiatan sehari-hari yang sederhana bisa membuat seseorang jauh dari risiko alzheimer.

Sebuah study yang dipublikasikan di Journal of Alzheimer menemukan bahwa berbagai kegiatan sehari-hari yang melibatkan fisik bisa mencegah risiko alzheimer hingga 50 persen. Berbagai kegiatan fisik ini bisa berupa aktivitas bermusik, aktivitas jalan pagi, berkebun atau sekedar membersihkan rumah.

Study yang dilakukan pada 876 orang dengan usia rata-rata 78 tahun ditemukan bahwa mereka yang suka sekali melakukan aktivitas fisik khususnya kegiatan berkebun memiliki kemampuan otak yang tetap mengesankan. Mereka juga sangat rendah berisiko alzheimer. Sementara itu, mereka yang hanya menghabiskan waktu untuk istirahat dan malas melakukan aktivitas fisik, mereka lebih berisiko mengalami alzheimer.

Cyrus A. Raji, MD, PhD, seorang penulis dari study ini mengatakan, "Ini merupakan study pertama yang kami lakukan. Kami menemukan bahwa aktivitas fisik khususnya berkebun bisa menurunkan dan mencegah risiko alzheimer hingga 50 persen. Mereka yang rutin melakukan aktivitas fisik dan selalu bahagia juga tetap sehat baik dari sisi fisik maupun psikis. Kemampuan berpikir mereka juga tetap mengesankan. Terlebih lagi, untuk kemampuan mengingat mereka. Itu sangat mengagumkan."

Sementara itu, para peneliti juga mengungkapkan bahwa aktivitas fisik yang berkaitan dengan hobi seseorang juga akan membuat seseorang tersebut jauh dari risiko alzheimer. Nancy Ondra, seorang tukang kebun dan penulis buku Perennial Matchmaker mengatakan, "Ketika kita melakukan sesuatu yang kita sukai dan telah menjadi hobi, hal itu akan membuat kita selalu sehat, semangat dan tidak mudah lupa. Melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan erat dengan hobi juga akan membuat kita jauh dari risiko alzheimer. Hal ini terjadi karena kita selalu bahagia dan nyaman dengan aktivitas yang kita lakukan."

Tanaman yang hijau dan udara yang segar di kebun atau taman nampaknya juga berpengaruh pada kondisi otak seseorang dan mencegah risiko alzheimer. So Ladies, jika kamu ingin jauh dari risiko alzheimer, disarankan agar kamu berkebun dan melakukan aktivitas yang bisa membuat pikiran fresh, pikiran nyaman dan bahagia. Semoga artikel ini bermanfaat ya. ^___^

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading